Pengaruh Model Inkuiri Terstruktur terhadap Kemampuan Scientific Explanation Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA
Date
2020-08-02Author
WIJAYANTO, Teguh
SUPENO, Supeno
BEKTIARSO, Singgih
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model inkuiri terstruktur terhadap kemampuan
scientific explanation siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Terdapat keterkaitan antara pembelajaran
berbasis penyelidikan dengan kemampuan scientific explanation siswa, karena kegiatan penyelidikan dapat
dijadikan sebagai komponen dalam melatih kemampuan bernalar. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen
dengan desain Non Equivalent Control Group disertai pendekatan pretest dan posttest. Terdapat dua kelompok
atau kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas
XI MIPA di SMAN 1 Banyuwangi tahun akademik 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling hingga ditetapkan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai
kelas kontrol. Pembelajaran fisika dengan menerapkan model inkuiri terstruktur dilakukan di kelas eksperimen
dan pembelajaran secara konvensional dilakukan pada kelas kontrol. Data yang diperoleh adalah data
kuantitatif berupa kemampuan scientific explanation yang diukur menggunakan tes essai. Analisis data
menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis independent sample t-test pada SPSS 23. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan scientific explanation kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas
kontrol. Berdasarkan uji statistik diperoleh hasil bahwa kemampuan scientific explanation antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol berbeda secara sigifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
implementasi model inkuiri terstruktur dalam pembelajaran fisika berpengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan scientific explanation siswa SMA.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7323]