Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Vee Map terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik
Date
2022-06-30Author
ADAWIYAH, Vania Robiatul
BEKTIARSO, Singgih
SUDARTI, Sudarti
Metadata
Show full item recordAbstract
. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang disarakankan untuk digunakan pada abad-21 yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran PBL dengan vee map sangat sesuai digunakan karena vee map dapat mengorganisasikan kegiatan dikelas terutama kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dengan vee map terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada pokok bahasan alat-alat optik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan post-test only control design. Instrumen yang digunakan untuk pengumpula data yaitu LKPD, dan soal tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas data yang dilanjutkan dengan uji beda dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Vee Map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai signifikansi 0,000 dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA N 1 Leces dengan signifikansi 0,044.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]