Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains dan Media Gambar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses sains dan media gambar terhadap minat dan hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMAN 1 Gambiran. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian kausal konfirmatori. Jumlah sampel yang digunakan 160 responden dari seluruh kelas XI MIPA. Teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis SEM. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pendekatan keterampilan proses sains berpengaruh terhadap minat belajar, keterampilan proses sains berpengaruh terhadap hasil belajar dengan taraf nyata 10%, media gambar berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar. Sehingga dari penelitian ini diharapkan guru bisa menerapkan dan meningkatkan keterampilan proses sains dan media gambar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]