• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-modul Berbasis Flip PDF Professional pada Pembelajaran IPA Materi Listrik Statis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (6.866Mb)
    Date
    2022-01-17
    Author
    NURRAHMA, Yoan Melly
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman secara langsung kepada peserta didik, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya. Melalui keterampilan berpikir kritis, peserta didik dapat menemukan solusi alternatif terkait masalahnya. Keterampilan berpikir kritis siswa di jenjang SMP masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis dikarenakan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan ajar yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Suatu upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan e-modul berbasis Flip PDF Professional. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan e-modul berbasis Flip PDF Professional dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dikarenakan peserta didik mengidentifikasi, menemukan, mengumpulkan, menyusun, menganalisis, mengevaluasi serta menyimpulkan informasi dengan caranya sendiri. E-modul berbasis Flip PDF Professional juga membantu peserta didik dalam mempelajari materi yang bersifat abstrak seperti materi listrik statis dalam pembelajaran IPA SMP kelas XI semester ganjil. Berdasarkan uraian diatas, untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP diperlukan pengembangan emodul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yaitu teknik analisa data validitas dengan instrumen lembar validitas untuk menentukan kevalidan dari suatu produk, teknik analisa data kepraktisan dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan untuk menentukan kepraktisan produk yang digunakan dalam proses pembelajaran, teknik analisa data efektivitas dengan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang diukur menggunakan N-gain, serta dengan instrumen angket respon siswa untuk mengetahui efektivitas produk berdasarkan tanggapan dari siswa yang telah menggunakan e-modul berbasis Flip PDF Professional. Hasil dari validitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan instrumen lembar validasi mencapai presentase rata-rata dari ketiga aspek sebesar 96% yang artinya kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kriteria pembuatan e-modul sudah tepat dan benar. Hasil dari kepraktisan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan instrumen lembar obervasi keterlaksanaan mencapai rata-rata 97% dengan kategori sangat praktis. Artinya produk yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hasil dari efektivitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan N-gain pada pre-test dan post-test yaitu 0,73 dengan kategori tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan, peserta didik mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa yang terdiri dari ketertarikan, materi, dan bahasa mencapai 84% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108554
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository