Show simple item record

dc.contributor.authorNURRAHMA, Yoan Melly
dc.date.accessioned2022-07-19T07:20:17Z
dc.date.available2022-07-19T07:20:17Z
dc.date.issued2022-01-17
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108554
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 19 Juli 2022en_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman secara langsung kepada peserta didik, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya. Melalui keterampilan berpikir kritis, peserta didik dapat menemukan solusi alternatif terkait masalahnya. Keterampilan berpikir kritis siswa di jenjang SMP masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis dikarenakan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan ajar yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Suatu upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan e-modul berbasis Flip PDF Professional. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan e-modul berbasis Flip PDF Professional dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dikarenakan peserta didik mengidentifikasi, menemukan, mengumpulkan, menyusun, menganalisis, mengevaluasi serta menyimpulkan informasi dengan caranya sendiri. E-modul berbasis Flip PDF Professional juga membantu peserta didik dalam mempelajari materi yang bersifat abstrak seperti materi listrik statis dalam pembelajaran IPA SMP kelas XI semester ganjil. Berdasarkan uraian diatas, untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP diperlukan pengembangan emodul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yaitu teknik analisa data validitas dengan instrumen lembar validitas untuk menentukan kevalidan dari suatu produk, teknik analisa data kepraktisan dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan untuk menentukan kepraktisan produk yang digunakan dalam proses pembelajaran, teknik analisa data efektivitas dengan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang diukur menggunakan N-gain, serta dengan instrumen angket respon siswa untuk mengetahui efektivitas produk berdasarkan tanggapan dari siswa yang telah menggunakan e-modul berbasis Flip PDF Professional. Hasil dari validitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan instrumen lembar validasi mencapai presentase rata-rata dari ketiga aspek sebesar 96% yang artinya kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kriteria pembuatan e-modul sudah tepat dan benar. Hasil dari kepraktisan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan instrumen lembar obervasi keterlaksanaan mencapai rata-rata 97% dengan kategori sangat praktis. Artinya produk yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hasil dari efektivitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan N-gain pada pre-test dan post-test yaitu 0,73 dengan kategori tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan, peserta didik mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa yang terdiri dari ketertarikan, materi, dan bahasa mencapai 84% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswaen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN E-MODULen_US
dc.subjectFLIP PDF PROFESSIONALen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.titlePengembangan E-modul Berbasis Flip PDF Professional pada Pembelajaran IPA Materi Listrik Statis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record