dc.description.abstract | Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman
secara langsung kepada peserta didik, sehingga dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kritisnya. Melalui keterampilan berpikir kritis, peserta didik dapat
menemukan solusi alternatif terkait masalahnya. Keterampilan berpikir kritis siswa
di jenjang SMP masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir
kritis dikarenakan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan ajar
yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung pasif dalam proses
pembelajaran. Suatu upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan
tersebut yaitu dengan mengembangkan e-modul berbasis Flip PDF Professional.
Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan e-modul berbasis Flip
PDF Professional dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dikarenakan
peserta didik mengidentifikasi, menemukan, mengumpulkan, menyusun,
menganalisis, mengevaluasi serta menyimpulkan informasi dengan caranya sendiri.
E-modul berbasis Flip PDF Professional juga membantu peserta didik dalam
mempelajari materi yang bersifat abstrak seperti materi listrik statis dalam
pembelajaran IPA SMP kelas XI semester ganjil. Berdasarkan uraian diatas, untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP diperlukan pengembangan emodul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan
efektivitas dari pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada
pembelajaran IPA materi listrik statis dalam meningkatkan keterampilan berpikir
kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari
analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yaitu teknik analisa
data validitas dengan instrumen lembar validitas untuk menentukan kevalidan dari
suatu produk, teknik analisa data kepraktisan dengan instrumen lembar observasi
keterlaksanaan untuk menentukan kepraktisan produk yang digunakan dalam
proses pembelajaran, teknik analisa data efektivitas dengan tes berupa pre-test dan
post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis yang diukur menggunakan N-gain, serta dengan
instrumen angket respon siswa untuk mengetahui efektivitas produk berdasarkan
tanggapan dari siswa yang telah menggunakan e-modul berbasis Flip PDF
Professional.
Hasil dari validitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada
pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan instrumen lembar
validasi mencapai presentase rata-rata dari ketiga aspek sebesar 96% yang artinya
kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kriteria pembuatan e-modul
sudah tepat dan benar. Hasil dari kepraktisan e-modul berbasis Flip PDF
Professional pada pembelajaran IPA materi listrik statis dengan menggunakan
instrumen lembar obervasi keterlaksanaan mencapai rata-rata 97% dengan kategori
sangat praktis. Artinya produk yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses
pembelajaran sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hasil dari
efektivitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi
listrik statis dengan menggunakan N-gain pada pre-test dan post-test yaitu 0,73
dengan kategori tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan,
peserta didik mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas
produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa yang terdiri
dari ketertarikan, materi, dan bahasa mencapai 84% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan
bahwa e-modul berbasis Flip PDF Professional pada pembelajaran IPA materi
listrik statis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP
menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan
demikian produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran
IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa | en_US |