Pengaruh Promosi Penjualan, Nilai Belanja Hedonis, dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Shopee
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan, nilai belanja hedonis, dan pergaulan teman sebaya terhadap pembelian impulsif pada marketplace Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga Jember yang pernah berbelanja online di marketplace Shopee. Sampel yang digunakan sebanyak 190 responden dengan teknik sampling yaitu nonprobability sampling dan metode yang digunakan yaitu purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui google form. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada marketplace Shopee. Nilai belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada marketplace Shopee. Pergaulan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada marketplace Shopee.