• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Engineering Design Process (EDP) pada Topik Pemanasan Global dalam Pembelajaran IPA di SMP

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    WILLIEN NUR RAMADHANI - 170210104085.pdf (4.099Mb)
    Date
    2021-07-02
    Author
    RAMADHANI, Willien Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abad ke-21 dikenal dengan era perkembangan teknologi inovasi pendidikan seperti halnya di Indonesia yang menerapkan kurikulum 2013 khususnya pada pembelajaran IPA di SMP sebagai salah satu mata pelajaran integratif science yang menuntut siswa lebih aktif dalam berbagai kecakapan belajar. Namun pembelajaran IPA yang kurang optimal menyebabkan rendahnya hasil belajar sehingga perlu menerapkan pembelajaran yang variatif. LKS sebagai sumber belajar yang berisi rangkaian dan prosedur penyelesaian tugas dapat dirancang seiring perkembangan teknologi. Permasalahan guru di lapangan yaitu LKS belum memunculkan keterampilan abad ke-21 seperti keterampilan proses sains karena hanya memuat data hasil praktikum dan rangkuman materi, pertanyaan-pertanyaan kurang investigatif, serta kurang memacu siswa aktif menemukan ide atau gagasannya. LKS akan membantu siswa dalam menerapkan keterampilan proses sains dengan mengintegrasikan pendekatan STEM dalam pembelajaran yang berfokus pada “engineering design process” (EDP). EDP lebih dari sekedar IPA terapan karena melibatkan kemampuan desain yang mengacu pada proses merancang sesuatu secara kreatif, berulang, dan terbuka sebagai solusi pemecahan masalah sosial atau lingkungan. Salah satu materi pada mata pelajaran IPA di SMP/MTs kelas VII yaitu pemanasan global yang dalam pembelajarannya siswa cenderung menghafal konsep materi, kurang mampu menerapkannya dalam kehidupan nyata, dan siswa menganggap materi pemanasan global tergolong dalam kategori sedang. Sehingga perlunya pengembangan LKS berbasis EDP pada topik pemanasan global di SMP. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji validitas, efektivitas, dan respon siswa terhadap LKS berbasis EDP pada topik pemanasan global dalam pembelajaran IPA di SMP, Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan menurut Plomp dan Nieveen (2010). Penelitian pengembangan LKS berbasis EDP dilakukan melalui tiga tahapan yaitu preliminary research (penelitian awal), prototyping phase (tahap perancangan), dan assessment phase (tahap penilaian). Ketiga tahapan dilakukan untuk memperoleh LKS EDP yang ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan respon siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pedoman wawancara, angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa, serta tes berupa pretest dan posttest. Data yang dianalisis pada penelitian pengembangan ini adalah wawancara, validasi ahli, respon siswa, dan tes. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Purwoharjo. Kevalidan produk dikaji dari hasil uji validitas yaitu perolehan rata-rata nilai validasi oleh ahli media untuk tiap indikator sebesar 60,3 dengan persentase rata rata 83,75%, sedangkan perolehan rata-rata nilai validasi oleh ahli materi untuk tiap indikator sebesar 48,66 dengan persentase rata-rata 76,03%. Kemudian efektivitas produk dikaji dari hasil uji N-Gain yaitu siswa pada kode A24 memperoleh skor N Gain terendah sebesar 0,15 dengan persentase N-Gain 15,38%, sedangkan siswa pada kode A7 mendapatkan skor N-Gain tertinggi sebesar 83,33%. Selanjutnya respon siswa terhadap produk LKS dikaji dari hasil analisis angket yaitu sebesar 90,00% menunjukkan respon sangat positif pada aspek isi materi. Sedangkan sebesar 77,50% menujukkan respon positif pada aspek penyajian materi. Perolehan persentase rata-rata respon siswa sebesar 85,42%
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108522
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15271]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail