Strategi Pemasaran Syariah pada Guest House The Wahidah Syariah Genteng Banyuwangi
Abstract
Guest House The Wahidah Syariah merupakan satu-satunya penginapan
yang menggunakan konsep syariah di wilayah Genteng Kabupaten Banyuwangi.
Hadirnya penginapan berbasis syariah merupakan suatu persaingan antar pelaku
bisnis penginapan, hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat umat muslim yang
menginginkan penginapan yang bersih dan halal.
Hal ini perlu adanya strategi pemasaran berbasis syariah agar mampu
menarik tamu untuk membeli jasa yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui penerapan dan pengelolaan strategi
pemasaran syariah yang dilakukan oleh Guest House The Wahidah Syariah
Genteng Banyuwangi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guest House The Wahidah
Syariah Genteng Banyuwangi dalam penerapan dan pengelolaan strategi
pemasaran telah sesuai dengan prinsip pemasaran syariah yaitu memiliki
kepribadian spiritual (Taqwa), berlaku adil (Al-Adl), tanggap terhadap perubahan,
berbuat yang terbaik dari sisi produk dan harga, rela sama rela dan adanya hak
khiyar pada pembeli (Hak pembatalan terhadap transaksi), dan tidak curang
(Tadlis)