Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Geprek Bensu Cabang Jember
Abstract
Semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi serta persaingan yang semakin
ketat di dalam dunia bisnis terutama pada industri rumah makan, membuat
perusahaan menciptakan dan mengembangkan strategi pemasarannya agar dapat
bersaing di pasar sehingga dapat menarik dan mempertahankan konsumen.
Perusahaan dituntut untuk selalu memberikan inovasi pada produk agar dapat
menarik dan mempertahankan konsumen dalam menciptakan keputusan
pembelian. Terdapat berbagai faktor yang bisa menjadi pertimbangan konsumen
dalam melakukan keputusan pembelian di bidang pangan diantaranya yaitu faktor
sertifikasi halal, harga, dan promosi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi
halal, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada suatu
produk. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Jember yang
berjumlah 2.332.726 jiwa menurut data sensus penduduk 2010, dan yang terpilih
sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis
regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan, dari hasil uji t bahwa variabel independen
secara parsial berpengaruh positif. Sertifikasi halal berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,040 (0,029 <
0,05), harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan
nilai signifikasi sebesar 0,018 (0,018 < 0,05), promosi berpengaruh secara
signifinkan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,023
(0,023 < 0,05). Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa sertifikasi halal, harga,
dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.