Identifikasi Kemampuan Interpretasi Grafik pada Konsep Kinematika Gerak Siswa SMA di Thailand dalam Pembelajaran Fisika
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting yang dapat menjadi
tolak ukur kemajuan suatu negara. Melalui pendidikan setiap individu dapat
mengembangkan pengalaman, menemukan ide-ide serta mengoptimalakan potensi
yang mereka miliki. Pada pelaksanaan pendidikan di setiap sekolah berbagai ilmu
yang di pelajari diantaranya ialah ilmu alam, ilmu sosial, teknologi, agama, dan
sebagainya. Salah satu ilmu alam yang wajib dipelajari siswa adalah pelajaran
fisika. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena-fenomena
alam yang terjadi di sekitar kita. Fisika memegang peranan penting dalam
kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu ilmu fisika merupakan ilmu yang sangat
penting di pelajari dan dikembangkan. Dalam ilmu fisika sebuah grafik tidak
dapat dipisahkan sebab grafik dapat memuat berbagai informasi yang dapat
ditemukan oleh pembacanya. Dengan membaca grafik diperoleh data-data yang
sangat penting dengan cara yang mudah. Oleh karena itu kemampuan menafsirkan
grafik merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari
ilmu fisika dengan mudah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis
kemampuan siswa Swasta dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika
gerak pokok bahasan GLB dan GLBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode
purposive sampling area. Tempat penelitian dilakukan di sekolah swasta di
Thamavitya School, Seangtam Wittaya Foudation School, Azizstan Foundation
School, dan Romania School. Jumlah responden penelitian kesuluruhan sebanyak
160 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes, dan teknik analisis data digunakan untuk mencari presentase tingkat kemampuan siswa dalam
menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak pokok bahasan GLB dan GLBB.
Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk pilihan ganda
sebanyak sepuluh soal yang didapati dati jurnal internasional yaitu Yest of
Understanding Graphs-Kinematics. Aspek-aspek soal tentang kinematika gerak
pokok bahasan GLB dan GLBB adalah: 1) Memahami arti gradien pada grafik;
2) Menentukan nilai data dari range variabel; 3) Menentukan data variabel bebas
dan variabel terikat pada grafik; 4) Menentukan hubungan antar variabel pada
grafik. Aspek-aspek ini disesuaikan agar dapat menggambarkan kemampuan
siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak. Hasil
analisis kemampuan siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang
kinematika gerak adalah sebagai berikut rentang skor 86 – 100 dengan tingkat
kategori sangat baik: pada aspek 1) 8 siswa, pada aspek 2) 43 siswa, pada aspek 3)
42 siswa, dan pada aspek 4) 17 siswa; rentang skor 76 – 85 dengan tingkat
kategori baik: pada aspek 1) 3 siswa, pada aspek 2) 5 siswa, pada aspek 3) 5
siswa, dan pada aspek 4) 9 siswa; rentang skor 60 – 75 dengan tingkat kategori
cukup: pada aspek 1) 31 siswa, pada aspek 2) 48 siswa, pada aspek 3) 17 siswa,
dan pada aspek 4) 18 siswa; rentang skor 55 – 59 dengan tingkatan kategori
kurang: pada aspek 1) 2 siswa, pada aspek 2) 16 siswa, pada aspek 3) 1 siswa, dan
pada aspek 4) 15 siswa; dan pada rentang skor ≤54% dengan tingkat kategori
kurang sekali: pada aspek 1) 116 siswa, pada aspek 2) 48 siswa, pada aspek 3) 95
siswa, dan pada aspek 4) 101 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, kesimpulan dari penelitian
ini adalah: 1) kemampuan siswa dalam mengartikan gradien pada grafik kurang
sekali; 2) kemampuan siswa dalam menentukan data dari range variabel cukup; 3)
kemampuan siswa dalam menentukan data variabel bebas dan variabel terikat
pada grafik kurang; 4) kemampuan siswa dalam menentukan hubungan antar
variabel pada grafik kurang sekali