| dc.description.abstract | Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting yang dapat menjadi 
tolak ukur kemajuan suatu negara. Melalui pendidikan setiap individu dapat 
mengembangkan pengalaman, menemukan ide-ide serta mengoptimalakan potensi 
yang mereka miliki. Pada pelaksanaan pendidikan di setiap sekolah berbagai ilmu 
yang di pelajari diantaranya ialah ilmu alam, ilmu sosial, teknologi, agama, dan 
sebagainya. Salah satu ilmu alam yang wajib dipelajari siswa adalah pelajaran 
fisika. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena-fenomena 
alam yang terjadi di sekitar kita. Fisika memegang peranan penting dalam 
kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu ilmu fisika merupakan ilmu yang sangat 
penting di pelajari dan dikembangkan. Dalam ilmu fisika sebuah grafik tidak 
dapat dipisahkan sebab grafik dapat memuat berbagai informasi yang dapat 
ditemukan oleh pembacanya. Dengan membaca grafik diperoleh data-data yang 
sangat penting dengan cara yang mudah. Oleh karena itu kemampuan menafsirkan 
grafik merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari 
ilmu fisika dengan mudah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis 
kemampuan siswa Swasta dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika 
gerak pokok bahasan GLB dan GLBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian 
deskriptif, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode 
purposive sampling area. Tempat penelitian dilakukan di sekolah swasta di 
Thamavitya School, Seangtam Wittaya Foudation School, Azizstan Foundation 
School, dan Romania School. Jumlah responden penelitian kesuluruhan sebanyak 
160 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes, dan teknik analisis data digunakan untuk mencari presentase tingkat kemampuan siswa dalam 
menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak pokok bahasan GLB dan GLBB.
Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk pilihan ganda 
sebanyak sepuluh soal yang didapati dati jurnal internasional yaitu Yest of 
Understanding Graphs-Kinematics. Aspek-aspek soal tentang kinematika gerak
pokok bahasan GLB dan GLBB adalah: 1) Memahami arti gradien pada grafik;
2) Menentukan nilai data dari range variabel; 3) Menentukan data variabel bebas
dan variabel terikat pada grafik; 4) Menentukan hubungan antar variabel pada
grafik. Aspek-aspek ini disesuaikan agar dapat menggambarkan kemampuan
siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak. Hasil 
analisis kemampuan siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang 
kinematika gerak adalah sebagai berikut rentang skor 86 – 100 dengan tingkat 
kategori sangat baik: pada aspek 1) 8 siswa, pada aspek 2) 43 siswa, pada aspek 3) 
42 siswa, dan pada aspek 4) 17 siswa; rentang skor 76 – 85 dengan tingkat 
kategori baik: pada aspek 1) 3 siswa, pada aspek 2) 5 siswa, pada aspek 3) 5 
siswa, dan pada aspek 4) 9 siswa; rentang skor 60 – 75 dengan tingkat kategori 
cukup: pada aspek 1) 31 siswa, pada aspek 2) 48 siswa, pada aspek 3) 17 siswa, 
dan pada aspek 4) 18 siswa; rentang skor 55 – 59 dengan tingkatan kategori 
kurang: pada aspek 1) 2 siswa, pada aspek 2) 16 siswa, pada aspek 3) 1 siswa, dan 
pada aspek 4) 15 siswa; dan pada rentang skor ≤54% dengan tingkat kategori 
kurang sekali: pada aspek 1) 116 siswa, pada aspek 2) 48 siswa, pada aspek 3) 95 
siswa, dan pada aspek 4) 101 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, kesimpulan dari penelitian 
ini adalah: 1) kemampuan siswa dalam mengartikan gradien pada grafik kurang 
sekali; 2) kemampuan siswa dalam menentukan data dari range variabel cukup; 3) 
kemampuan siswa dalam menentukan data variabel bebas dan variabel terikat 
pada grafik kurang; 4) kemampuan siswa dalam menentukan hubungan antar 
variabel pada grafik kurang sekali | en_US |