• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Petung 2 Kabupaten Bondowoso pada Sub tema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku

    Thumbnail
    View/Open
    Wike Skripsi Up Repository.pdf (3.423Mb)
    Date
    2022-06-22
    Author
    DEWI, Wike Ariska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Munculnya revolusi industri 4.0 memberikan dampak pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Pada era revolusi 4.0 semua bidang kehidupan diarahkan pada teknologi digital, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, guru atau pendidik harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam aktivitas pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri pendidikan nomor 16 tahun 2017 dimana, kompetensi dibidang teknologi informasi dan komunikasi harus dikuasi oleh guru. Guru kelas IV di SDN Petung 2 Kabupaten Bondowoso masih jarang memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi monoton. Blended Learning berbantuan Quizizz di terapkan pada pembelajaran tema 7 sub tema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Jenis penelitian ini quasi eksperimental dengan pola Non Equivalent Control Group. Dalam menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan uji homogenitas untuk mengukur kemampuan siswa sebelum memperoleh materi. Kelompok eksperimen diberikan treatment sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment. Tempat dilakukannya penelitian ini yaitu SDN Petung 2 yang terletak di Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data pendukung dari di lakukannya penelitian ini yaitu hasil wawancara bersama guru dan nilai penilaian tengah semester (PTS) dari siswa kelas IV. Hasil analisis uji-t di peroleh nilai thitung =8,933. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel, diketahui df=38 pada taraf signifikan 5% sehingga didapat nilai ttabel= 2,024. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 8,933 ≥ 2,024, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model Blended Learning berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Dan, hasil dari penghitungan uji keefektifan relatif diperoleh 73,6% yang dimana 73,6% tersebut termasuk dalam kategori keefektifan tinggi. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang di paparkan di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model Blended Learning berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 2 Kabupaten Bondowoso pada sub tema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Adapun saran pada penelitian ini, diharapkan guru dapat menjadikan model Blended Learning berbantuan Quizizz ini sebagai salah satu model yang di terapkan di kelas agar siswa dapat lebih nyaman, tidak bosan dan lebih aktif dalam belajar.  
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108463
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository