Show simple item record

dc.contributor.authorDEWI, Wike Ariska
dc.date.accessioned2022-07-15T07:36:56Z
dc.date.available2022-07-15T07:36:56Z
dc.date.issued2022-06-22
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108463
dc.description.abstractMunculnya revolusi industri 4.0 memberikan dampak pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Pada era revolusi 4.0 semua bidang kehidupan diarahkan pada teknologi digital, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, guru atau pendidik harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam aktivitas pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri pendidikan nomor 16 tahun 2017 dimana, kompetensi dibidang teknologi informasi dan komunikasi harus dikuasi oleh guru. Guru kelas IV di SDN Petung 2 Kabupaten Bondowoso masih jarang memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi monoton. Blended Learning berbantuan Quizizz di terapkan pada pembelajaran tema 7 sub tema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Jenis penelitian ini quasi eksperimental dengan pola Non Equivalent Control Group. Dalam menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan uji homogenitas untuk mengukur kemampuan siswa sebelum memperoleh materi. Kelompok eksperimen diberikan treatment sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment. Tempat dilakukannya penelitian ini yaitu SDN Petung 2 yang terletak di Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data pendukung dari di lakukannya penelitian ini yaitu hasil wawancara bersama guru dan nilai penilaian tengah semester (PTS) dari siswa kelas IV. Hasil analisis uji-t di peroleh nilai thitung =8,933. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel, diketahui df=38 pada taraf signifikan 5% sehingga didapat nilai ttabel= 2,024. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 8,933 ≥ 2,024, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model Blended Learning berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Dan, hasil dari penghitungan uji keefektifan relatif diperoleh 73,6% yang dimana 73,6% tersebut termasuk dalam kategori keefektifan tinggi. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang di paparkan di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model Blended Learning berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 2 Kabupaten Bondowoso pada sub tema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Adapun saran pada penelitian ini, diharapkan guru dapat menjadikan model Blended Learning berbantuan Quizizz ini sebagai salah satu model yang di terapkan di kelas agar siswa dapat lebih nyaman, tidak bosan dan lebih aktif dalam belajar.  en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBLENDED LEARNINGen_US
dc.subjectBERBANTUAN QUIZIZZen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Petung 2 Kabupaten Bondowoso pada Sub tema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negerikuen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record