• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Permainan Around The Zoo sebagai Kegiatan Stimulasi Kecerdasan Kinestetik pada Anak Autis Usia Dini Di PAUD Inklusi Pelangi Harapan Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (4.283Mb)
    Date
    2022-04-01
    Author
    ANWAR, Ratna Salsabila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan olah tubuh, memiliki komponen yang berhubungan dengan kemampuan fisik yang spesifik pada anak usia dini. Kemampuan fisik yang spesifik diantaranya koordinasi, keseimbangan, kelenturan, kelincahan, keterampilan, dan kekuatan. Anak berkebutuhan khusus seperti autis juga memiliki kecerdasan kinestetik. Kecerdasan tersebut perlu distimulasi untuk mengoptimalkan potensi dalam diri anak. Permainan kooperatif dapat diterapkan agar anak autis dapat berinteraksi dengan anak reguler lainnya, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis. Anak autis melaksanakan tugas dalam permainan dengan menirukan kegiatan yang dilakukan oleh anak reguler. Oleh karena itu, diperlukan permainan yang pendukung dan menarik yang memudahkan anak autis dalam mengembangkan kecerdasan kinestetiknya. Permainan Around The Zoo dapat menjadi alternatif sebagai kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis usia dini. Sehingga penelitian ini menghasilkan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimanakah proses pengembangan permainan Around The Zoo yang praktis dan efektif; dan 2) Bagaimanakah hasil pengembangan permainan Around The Zoo sebagai kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis usia dini. Penelitian pengembangan permainan Around The Zoo ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan model adaptasi ADDIE oleh Dick and Carry. Model ADDIE merupakan kepanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah sintaks atau langkah langkah dalam mengimplementasikan permainan Around The Zoo sebagai kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis usia dini. Subjek penelitian ini yakni anak autis usia dini di PAUD Inklusi Pelangi Harapan Ajung Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil validasi ahli, hasil kepraktisan dari aktivitas guru, serta keefektifan permainan. Proses pengembangan penelitian ini, yaitu tahap pertama analysis, bertujuan untuk menganalisis konsep dan langkah-langkah permainan kooperatif untuk anak autis, analisis profil kecerdasan jamak anak, dan analisis kesiapan anak dalam mengikuti permainan kooperatif. Pada tahap analisis dihasilkan (1) konsep untuk permainan kooperatif yang tepat untuk anak autis berdasarkan tema yang disukai anak, kegiatan yang sering dilakukan anak di sekolah, dan kegiatan yang dilakukan anak secara spontan, (2) sintaks atau langkah-langkah permainan sementara, dan (3) indikator kecerdasan kinestetik anak autis, dan (4) kesiapan anak dalam mengikuti permainan. Tahap kedua yaitu design atau perancangan yang bertujuan untuk merancang dan menyiapkan produk dan perangkat permainan yang dibutuhkan saat penelitian, tahap ini menghasilkan (1) rancangan model permainan Around The Zoo dan (2) sintaks atau langkah-langkah permainan Around The Zoo sebagai kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik anak autis usia dini. Tahap ketiga yaitu development atau pengembangan, pada pengembangan permainan Around The Zoo dilakukan sesuai rancangan, tahap ini menghasilkan alat-alat permainan yang terdiri dari banner, bola, instrumen penilaian sesuai dengan indikator dan checklist analisis guru. Tahap keempat yaitu implementation atau implementasi, pada tahap ini dilakukan penerapan permainan Around The Zoo setelah peneliti melakukan tahap pengembangan dengan uji validasi ahli. Hasil implementasi model permainan Around The Zoo yaitu mendapatkan nilai keefektifan 2,5 yang berarti permainan tersebut dapat menstimulasi kecerdasan kinestetik anak autis karena indikator kecerdasan kinestetik anak telah terpenuhi. Permainan Around The Zoo mendapatkan nilai kepraktisan 4,6 yang berarti permainan tersebut layak untuk diterapkan sebagai kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis usia dini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108448
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository