dc.description.abstract | Kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan
olah tubuh, memiliki komponen yang berhubungan dengan kemampuan fisik yang
spesifik pada anak usia dini. Kemampuan fisik yang spesifik diantaranya
koordinasi, keseimbangan, kelenturan, kelincahan, keterampilan, dan kekuatan.
Anak berkebutuhan khusus seperti autis juga memiliki kecerdasan kinestetik.
Kecerdasan tersebut perlu distimulasi untuk mengoptimalkan potensi dalam diri
anak. Permainan kooperatif dapat diterapkan agar anak autis dapat berinteraksi
dengan anak reguler lainnya, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan
stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis. Anak autis melaksanakan tugas
dalam permainan dengan menirukan kegiatan yang dilakukan oleh anak reguler.
Oleh karena itu, diperlukan permainan yang pendukung dan menarik yang
memudahkan anak autis dalam mengembangkan kecerdasan kinestetiknya.
Permainan Around The Zoo dapat menjadi alternatif sebagai kegiatan stimulasi
kecerdasan kinestetik pada anak autis usia dini. Sehingga penelitian ini
menghasilkan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimanakah proses pengembangan
permainan Around The Zoo yang praktis dan efektif; dan 2) Bagaimanakah hasil
pengembangan permainan Around The Zoo sebagai kegiatan stimulasi kecerdasan
kinestetik pada anak autis usia dini.
Penelitian pengembangan permainan Around The Zoo ini termasuk dalam
jenis penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan
model adaptasi ADDIE oleh Dick and Carry. Model ADDIE merupakan
kepanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah sintaks atau langkah
langkah dalam mengimplementasikan permainan Around The Zoo sebagai
kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis usia dini. Subjek
penelitian ini yakni anak autis usia dini di PAUD Inklusi Pelangi Harapan Ajung
Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.
Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil validasi ahli, hasil kepraktisan
dari aktivitas guru, serta keefektifan permainan.
Proses pengembangan penelitian ini, yaitu tahap pertama analysis,
bertujuan untuk menganalisis konsep dan langkah-langkah permainan kooperatif
untuk anak autis, analisis profil kecerdasan jamak anak, dan analisis kesiapan
anak dalam mengikuti permainan kooperatif. Pada tahap analisis dihasilkan (1)
konsep untuk permainan kooperatif yang tepat untuk anak autis berdasarkan tema
yang disukai anak, kegiatan yang sering dilakukan anak di sekolah, dan kegiatan
yang dilakukan anak secara spontan, (2) sintaks atau langkah-langkah permainan
sementara, dan (3) indikator kecerdasan kinestetik anak autis, dan (4) kesiapan
anak dalam mengikuti permainan. Tahap kedua yaitu design atau perancangan
yang bertujuan untuk merancang dan menyiapkan produk dan perangkat
permainan yang dibutuhkan saat penelitian, tahap ini menghasilkan (1) rancangan
model permainan Around The Zoo dan (2) sintaks atau langkah-langkah
permainan Around The Zoo sebagai kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik anak
autis usia dini. Tahap ketiga yaitu development atau pengembangan, pada
pengembangan permainan Around The Zoo dilakukan sesuai rancangan, tahap ini
menghasilkan alat-alat permainan yang terdiri dari banner, bola, instrumen
penilaian sesuai dengan indikator dan checklist analisis guru. Tahap keempat yaitu
implementation atau implementasi, pada tahap ini dilakukan penerapan permainan
Around The Zoo setelah peneliti melakukan tahap pengembangan dengan uji
validasi ahli. Hasil implementasi model permainan Around The Zoo yaitu
mendapatkan nilai keefektifan 2,5 yang berarti permainan tersebut dapat
menstimulasi kecerdasan kinestetik anak autis karena indikator kecerdasan
kinestetik anak telah terpenuhi. Permainan Around The Zoo mendapatkan nilai
kepraktisan 4,6 yang berarti permainan tersebut layak untuk diterapkan sebagai
kegiatan stimulasi kecerdasan kinestetik pada anak autis usia dini. | en_US |