Pengambangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Aplikasi Android pada Materi Dinamika Atmosfer Siswa SMA/MA
Abstract
Tren pembelajaran masa kini yang ada pada pendidikan 4.0 menjadi peluang
dalam pembelajaran geografi sebagai pelajaran wajib di SMA/MA pada jurusan
Ilmu Pengetahuan Sosial. Geografi yang dikenal sebagai mother of science
merupakan ilmu pengetahuan yang objek kajiannya sangat luas. Dinamika atmosfer
merupakan salah satu materi yang terdapat pada pelajaran geografi SMA/MA.
Materi pada dinamika atmosfer memiliki subtema yang cukup banyak, objek kajian
yang sangat luas dan tidak dapat dijangkau semua secara langsung sehingga untuk
dapat memahami materi-materi geografi membutuhkan kehadiran media yang
sesuai dan mampu memvisualisasikan materi dinamika atmosfer kepada siswa.
Kehadiran media pembelajaran akan menjadi daya tarik tersendiri dalam proses
belajar mengajar. Media pembelajaran yang kekinian di era digital pendidikan 4.0
dan praktis adalah pengembangan mobile learning yaitu aplikasi android ditunjang
penggunaan telepon pintar di kalangan pelajar saat ini sudah menjadi kebutuhan,
ditambah menjadi hal yang sangat penting digunakan saat dunia pendidikan harus
terselenggara secara daring karena adanya Pandemi Covid-19. Tujuan pada
penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan respon siswa terhadap
pengembangan media pembelajaran geografi berbasis aplikasi android pada materi
dinamika atmosfer siswa SMA/MA.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D. Model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Penelitian yang dilakukan
di MAN 2 Jember ini dilakukan pada seluruh siswa kelas X jurusan IPS (X IPS1-
4) semester genap tahun ajaran 2021/2022. Tahap awal yang dilakukan adalah
melakukan analisis kebutuhan untuk mendapatkan informasi mengenai
permasalahan dan karakteristik siswa melalui wawancara kepada guru geografi
MAN 2 Jember, serta memberikan angket analisis kebutuhan kepada siswa kelas X
IPS 1-4. Tahap yang kedua peneliti melakukan perancangan media yang terdiri dari
desain media, teks materi, gambar, video, soal dan jawaban, serta penyusunan
instrumen yang divalidasi terlebih dahulu sebelum digunakan untuk penelitian.
Tahap ketiga tang dilakukan yaitu pengembangan dengan pembuatan dan validasi
media. Tahap keempat adalah mengimplementasikan pada pembelajaran geografi.
Tahap terakhir adalah melakukan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan validitas media yang dikembangkan
menurut validator ahli media mendapat nilai rata-rata 4,5 dan masuk klasifikasi
sangat valid. Menurut validator ahli materi mendapat nilai rata-rata 4,87 dan masuk
klasifikasi sangat valid. Selanjutnya menurut praktisi pembelajaran geografi
diperoleh nilai rata-rata 4,9 dan masuk klasifikasi sangat valid. Total nilai rata-rata
dari ketiga validator tersebut meraih 4,74. Kemudian tahap implementasi ke
pembelajaran geografi yang dilakukan di kelas X IPS 1-4 MAN 2 Jember
memperoleh respon total dengan nilai rata-rata 4,57.
Berdasarkan data yang diperoleh pada hasil dan analisis yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa: (1) validitas media yang dikembangkan mendapat penilaian
dari validator ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran dengan nilai ratarata total sebesar 4,74. Sehingga, media pembelajaran geografi berbasis aplikasi
android pada materi dinamika atmosfer siswa SMA klasifikasi kevalidannya sangat
valid. (2) Respon siswa yang dilakukan di kelas X IPS 1-4 memperoleh nilai ratarata total 4,57. Nilai tersebut menunjukkan respon siswa terhadap pengembangan
media pembelajaran geografi berbasis aplikasi android pada materi dinamika
atmosfer sangat baik. Sehingga, secara umum media pembelajaran ini sangat baik
digunakan pada pembelajaran.