Show simple item record

dc.contributor.authorRAWA, Chachan Gusti
dc.date.accessioned2022-07-15T03:17:52Z
dc.date.available2022-07-15T03:17:52Z
dc.date.issued2022-04-08
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108442
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 15 Juli 2022en_US
dc.description.abstractTren pembelajaran masa kini yang ada pada pendidikan 4.0 menjadi peluang dalam pembelajaran geografi sebagai pelajaran wajib di SMA/MA pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Geografi yang dikenal sebagai mother of science merupakan ilmu pengetahuan yang objek kajiannya sangat luas. Dinamika atmosfer merupakan salah satu materi yang terdapat pada pelajaran geografi SMA/MA. Materi pada dinamika atmosfer memiliki subtema yang cukup banyak, objek kajian yang sangat luas dan tidak dapat dijangkau semua secara langsung sehingga untuk dapat memahami materi-materi geografi membutuhkan kehadiran media yang sesuai dan mampu memvisualisasikan materi dinamika atmosfer kepada siswa. Kehadiran media pembelajaran akan menjadi daya tarik tersendiri dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang kekinian di era digital pendidikan 4.0 dan praktis adalah pengembangan mobile learning yaitu aplikasi android ditunjang penggunaan telepon pintar di kalangan pelajar saat ini sudah menjadi kebutuhan, ditambah menjadi hal yang sangat penting digunakan saat dunia pendidikan harus terselenggara secara daring karena adanya Pandemi Covid-19. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran geografi berbasis aplikasi android pada materi dinamika atmosfer siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Penelitian yang dilakukan di MAN 2 Jember ini dilakukan pada seluruh siswa kelas X jurusan IPS (X IPS1- 4) semester genap tahun ajaran 2021/2022. Tahap awal yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan dan karakteristik siswa melalui wawancara kepada guru geografi MAN 2 Jember, serta memberikan angket analisis kebutuhan kepada siswa kelas X IPS 1-4. Tahap yang kedua peneliti melakukan perancangan media yang terdiri dari desain media, teks materi, gambar, video, soal dan jawaban, serta penyusunan instrumen yang divalidasi terlebih dahulu sebelum digunakan untuk penelitian. Tahap ketiga tang dilakukan yaitu pengembangan dengan pembuatan dan validasi media. Tahap keempat adalah mengimplementasikan pada pembelajaran geografi. Tahap terakhir adalah melakukan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan validitas media yang dikembangkan menurut validator ahli media mendapat nilai rata-rata 4,5 dan masuk klasifikasi sangat valid. Menurut validator ahli materi mendapat nilai rata-rata 4,87 dan masuk klasifikasi sangat valid. Selanjutnya menurut praktisi pembelajaran geografi diperoleh nilai rata-rata 4,9 dan masuk klasifikasi sangat valid. Total nilai rata-rata dari ketiga validator tersebut meraih 4,74. Kemudian tahap implementasi ke pembelajaran geografi yang dilakukan di kelas X IPS 1-4 MAN 2 Jember memperoleh respon total dengan nilai rata-rata 4,57. Berdasarkan data yang diperoleh pada hasil dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) validitas media yang dikembangkan mendapat penilaian dari validator ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran dengan nilai ratarata total sebesar 4,74. Sehingga, media pembelajaran geografi berbasis aplikasi android pada materi dinamika atmosfer siswa SMA klasifikasi kevalidannya sangat valid. (2) Respon siswa yang dilakukan di kelas X IPS 1-4 memperoleh nilai ratarata total 4,57. Nilai tersebut menunjukkan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran geografi berbasis aplikasi android pada materi dinamika atmosfer sangat baik. Sehingga, secara umum media pembelajaran ini sangat baik digunakan pada pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M. Si. Bejo Apriyanto, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Geografien_US
dc.subjectAplikasi Androiden_US
dc.subjectDinamika Atmosferen_US
dc.subjectValiditasen_US
dc.subjectRespon Siswaen_US
dc.titlePengambangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Aplikasi Android pada Materi Dinamika Atmosfer Siswa SMA/MAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record