Penerapan LKPD Berbasis Engineering design Process (EDP) pada Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Computational Thinking Skill dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Computational Thinking (CT) adalah suatu bentuk berpikir secara
komputasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks.
Computational thinking menjadi penting untuk diterapkan di sekolah dasar dan
menengah karena terkait dengan penalaran logis, berfikir algoritmatik, berpikir
khusus, menggunakan waktu secara efisien, dan berpikir inovasi. CT tidak hanya
digunakan di computer tetapi juga dalam pendidikan untuk mengembangkan
individu. Indonesia sendiri belum mengembangkan keterampilan tersebut dengan
maksimal. Oleh karena itu, computational thinking perlu ditingkatkan mengingat
rendahnya kemampuan berpikir komputasi berpengaruh pada hasil belajar peserta
didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pernerapan
LKPD berbasis EDP pada pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya
terhadap computational thinking skill dan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan
desain penelitian quasi eksperimen dengan jenis rancangan nonequivalent control
group. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Computational
thinking skill dan hasil belajar siswa diketahui melalui pretest di awal pertemuan
pertama dan postest di akhir pertemuan kedua, dengan pemberikan perlakuan
berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontol. Kelas eksperimen menggunakan
LKPD berbasis EDP sedangkan kelas kontrol menggunakan LKPD konvensional.
Perolehan data dari hasil pretest dan postest siswa dilanjutkan dengan menganalisis
data dengan bantuan softwere komputer SPSS, yang pertama yatu dilakukan uji
normalitas untuk mengetahui data terdistribusi normal atau tidak, jika data
berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji Independet Sample t-test. Apablia
data tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U-test.
Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai pretest dan postest computational
thinking skill dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh penerapan LKPD berbasis Engineering
Design Process (EDP) berpengaruh signifikan terhadap computational thinking
skill siswa pada materi kalor dan perpindahannya dengan nilai signifikan 0,000
melaui uji independent sample t-test. Penerapan LKPD berbasis Engineering
Design Process (EDP) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
materi kalor dan perpindahannya dengan nilai sig 0,015 melalui uji Mann-Whitney
U-test.