• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan LKPD Berbasis Engineering design Process (EDP) pada Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Computational Thinking Skill dan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    doc Repositori.pdf (2.505Mb)
    Date
    2022-04-11
    Author
    MAULUDYAH, Yulia Risky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Computational Thinking (CT) adalah suatu bentuk berpikir secara komputasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. Computational thinking menjadi penting untuk diterapkan di sekolah dasar dan menengah karena terkait dengan penalaran logis, berfikir algoritmatik, berpikir khusus, menggunakan waktu secara efisien, dan berpikir inovasi. CT tidak hanya digunakan di computer tetapi juga dalam pendidikan untuk mengembangkan individu. Indonesia sendiri belum mengembangkan keterampilan tersebut dengan maksimal. Oleh karena itu, computational thinking perlu ditingkatkan mengingat rendahnya kemampuan berpikir komputasi berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pernerapan LKPD berbasis EDP pada pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya terhadap computational thinking skill dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan jenis rancangan nonequivalent control group. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Computational thinking skill dan hasil belajar siswa diketahui melalui pretest di awal pertemuan pertama dan postest di akhir pertemuan kedua, dengan pemberikan perlakuan berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontol. Kelas eksperimen menggunakan LKPD berbasis EDP sedangkan kelas kontrol menggunakan LKPD konvensional. Perolehan data dari hasil pretest dan postest siswa dilanjutkan dengan menganalisis data dengan bantuan softwere komputer SPSS, yang pertama yatu dilakukan uji normalitas untuk mengetahui data terdistribusi normal atau tidak, jika data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji Independet Sample t-test. Apablia data tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai pretest dan postest computational thinking skill dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh penerapan LKPD berbasis Engineering Design Process (EDP) berpengaruh signifikan terhadap computational thinking skill siswa pada materi kalor dan perpindahannya dengan nilai signifikan 0,000 melaui uji independent sample t-test. Penerapan LKPD berbasis Engineering Design Process (EDP) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya dengan nilai sig 0,015 melalui uji Mann-Whitney U-test.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108440
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository