Show simple item record

dc.contributor.authorMAULUDYAH, Yulia Risky
dc.date.accessioned2022-07-15T03:14:12Z
dc.date.available2022-07-15T03:14:12Z
dc.date.issued2022-04-11
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108440
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 15 Juli 2022en_US
dc.description.abstractComputational Thinking (CT) adalah suatu bentuk berpikir secara komputasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. Computational thinking menjadi penting untuk diterapkan di sekolah dasar dan menengah karena terkait dengan penalaran logis, berfikir algoritmatik, berpikir khusus, menggunakan waktu secara efisien, dan berpikir inovasi. CT tidak hanya digunakan di computer tetapi juga dalam pendidikan untuk mengembangkan individu. Indonesia sendiri belum mengembangkan keterampilan tersebut dengan maksimal. Oleh karena itu, computational thinking perlu ditingkatkan mengingat rendahnya kemampuan berpikir komputasi berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pernerapan LKPD berbasis EDP pada pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya terhadap computational thinking skill dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan jenis rancangan nonequivalent control group. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Computational thinking skill dan hasil belajar siswa diketahui melalui pretest di awal pertemuan pertama dan postest di akhir pertemuan kedua, dengan pemberikan perlakuan berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontol. Kelas eksperimen menggunakan LKPD berbasis EDP sedangkan kelas kontrol menggunakan LKPD konvensional. Perolehan data dari hasil pretest dan postest siswa dilanjutkan dengan menganalisis data dengan bantuan softwere komputer SPSS, yang pertama yatu dilakukan uji normalitas untuk mengetahui data terdistribusi normal atau tidak, jika data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji Independet Sample t-test. Apablia data tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai pretest dan postest computational thinking skill dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh penerapan LKPD berbasis Engineering Design Process (EDP) berpengaruh signifikan terhadap computational thinking skill siswa pada materi kalor dan perpindahannya dengan nilai signifikan 0,000 melaui uji independent sample t-test. Penerapan LKPD berbasis Engineering Design Process (EDP) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya dengan nilai sig 0,015 melalui uji Mann-Whitney U-test.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dosen Pembimbing Anggota : Nur Ahmad, S.Pd., M.PFisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENERAPAN LKPDen_US
dc.subjectENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP)en_US
dc.subjectCOMPUTATIONAL THINKING SKILLen_US
dc.subjectKALORen_US
dc.titlePenerapan LKPD Berbasis Engineering design Process (EDP) pada Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Computational Thinking Skill dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record