• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Schoology Melalui Pembelajaran E-Learning pada Materi IPA (Pencemaran Lingkungan) Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    LAILATUL ISTIMEWA - 170210104010.pdf (4.530Mb)
    Date
    2021-04-22
    Author
    ISTIMEWA, Lailatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntun siswa untuk berperan aktif dan terlibat secara langsung. Pembelajaran IPA dapat diperoleh dengan menghubungkan konsep kehidupan sehari-hari dengan konsep yang sedang dipelajari siswa. Proses pembelajaran IPA bisa dimulai dengan cara mengkaji pengetahuan siswa yang diperoleh pada lingkungan sekitar. Berbagai fenomena IPA dapat dengan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu fenomena IPA yang tidak jarang ditemui yaitu pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan merupakan fenomena yang banyak ditemui di lingkungan sekitar, namun banyak siswa yang masih kurang memahami konsep pencemaran lingkungan serta kurang mampu menjelaskan secara ilmiah dari fenomena tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi ketika pembelajaran guru kurang menciptakan suasana kelas yang menarik sehingga siswa mudah bosan dan tidak mengikuti pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan kelas yang menarik yang dapat memudahkan guru dalam memvariasikan penyampaian informasi serta membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep materi serta pengaplikasiannya dalam lingkungan sekitar. Pengelolaan kelas dengan menggunakan Schoology dapat dilaksanakan secara e-learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh Schoology melalui pembelajaran e-learning pada materi IPA (pencemaran lingkungan) terhadap kemandirian belajar siswa SMP, dan (2) mengkaji pengaruh Schoology melalui pembelajaran e-learning pada materi IPA (pencemaran lingkungan) terhadap hasil belajar siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dongko pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring dengan menggunakan Schoology pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tanpa menggunakan Schoology. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk kemandirian belajar menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan tes dan non tes. Instrumen utama penelitian ini yaitu lembar angket, soal tes, dan non tes. Sedangkan instrument pendukung berupa lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan uji Mann-Whitney U Test sedangkan untuk rumusan masalah kedua menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 24.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108414
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository