Show simple item record

dc.contributor.authorISTIMEWA, Lailatul
dc.date.accessioned2022-07-14T03:55:48Z
dc.date.available2022-07-14T03:55:48Z
dc.date.issued2021-04-22
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108414
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Iswahyudi Finalisasi unggah file repositori tanggal 14 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntun siswa untuk berperan aktif dan terlibat secara langsung. Pembelajaran IPA dapat diperoleh dengan menghubungkan konsep kehidupan sehari-hari dengan konsep yang sedang dipelajari siswa. Proses pembelajaran IPA bisa dimulai dengan cara mengkaji pengetahuan siswa yang diperoleh pada lingkungan sekitar. Berbagai fenomena IPA dapat dengan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu fenomena IPA yang tidak jarang ditemui yaitu pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan merupakan fenomena yang banyak ditemui di lingkungan sekitar, namun banyak siswa yang masih kurang memahami konsep pencemaran lingkungan serta kurang mampu menjelaskan secara ilmiah dari fenomena tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi ketika pembelajaran guru kurang menciptakan suasana kelas yang menarik sehingga siswa mudah bosan dan tidak mengikuti pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan kelas yang menarik yang dapat memudahkan guru dalam memvariasikan penyampaian informasi serta membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep materi serta pengaplikasiannya dalam lingkungan sekitar. Pengelolaan kelas dengan menggunakan Schoology dapat dilaksanakan secara e-learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh Schoology melalui pembelajaran e-learning pada materi IPA (pencemaran lingkungan) terhadap kemandirian belajar siswa SMP, dan (2) mengkaji pengaruh Schoology melalui pembelajaran e-learning pada materi IPA (pencemaran lingkungan) terhadap hasil belajar siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dongko pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring dengan menggunakan Schoology pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tanpa menggunakan Schoology. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk kemandirian belajar menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan tes dan non tes. Instrumen utama penelitian ini yaitu lembar angket, soal tes, dan non tes. Sedangkan instrument pendukung berupa lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan uji Mann-Whitney U Test sedangkan untuk rumusan masalah kedua menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 24.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Prof. Dr. Indrawati, M.Pd. Dosen Pembimbing anggota : Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSchoologyen_US
dc.subjectE-Learningen_US
dc.subjectPencemaran Lingkungan)en_US
dc.subjectMateri IPAen_US
dc.subjectKemandirian Belajar dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Schoology Melalui Pembelajaran E-Learning pada Materi IPA (Pencemaran Lingkungan) Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record