Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk UD Langgeng Barokah Kabupaten Jombang
Abstract
Setiap pelaku usaha dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya memiliki
tujuan utama yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin.
Keberhasilan dalam perusahaan tergantung bagaimana perusahaan memasarkan 
produk dan konsumen tertarik sehingga melakukan pembelian. Konsumen 
menjadi target utama menjalankan bisnis agar dapat semakin berkembang. Untuk 
mencapai tujuan tersebut, perusahaan memiliki strategi atau cara yang dilakukan 
agar produk yang dijual dapat dibeli oleh konsumen. Salah satunya yang 
dilakukan oleh UD Langgeng Barokah, perusahaan ini memperhatikan harga dan 
promosi untuk bisa menarik konsumen. Harga merupakan sejumlah uang yang 
dibayarkan oleh konsumen atas pembelian produk atau bergantinya kepemilikan 
dari produsen kepada konsumen yang mana manfaatnya dapat dirasakan atas 
suatu produk atau jasa, sedangkan promosi adalah suatu kegiatan menawarkan 
barang atau jasa yang dilakukan dengan jalan mempengaruhi konsumen dan 
mengharapkan konsumen dapat tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan. 
Harga menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu
produk atau jasa, sedangkan promosi yang membuat atau mengajak konsumen 
untuk membeli barang atau jasa tersebut. Jadi, keduanya tersebut dapat merubah 
perilaku konsumen untuk memutuskan membeli barang atau jasa yang 
ditawarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga dan promosi terhadap 
keputusan pembelian produk UD Langgeng Barokah Kabupaten Jombang. 
Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan 
korelasi asosiatif untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel harga
dan promosi terhadap keputusan pembelian. Teknik analisis yang digunakan yaitu 
analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian adalah seluruh 
konsumen yang pernah melakukan pembelian produk UD Langgeng Barokah dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 140 responden. Hasil pengujian dan 
analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: 1) Harga berpengaruh positif 
dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk UD Langgeng Barokah, 2) 
Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk 
UD Langgeng Barokah, 3) Harga dan Promosi berpengaruh positif signifikan 
secara simultan terhadap terhadap keputusan pembelian produk UD Langgeng 
Barokah