Analisis Penerapan Pendekatan Scientific dan Multimedia serta Pengaruhnya terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tanggul
Abstract
Pendidikan adalah proses perubahan sikap individu yang membutuhkan
beberapa tahapan dalam waktu yang lama. Seiring dengan berkembangnya zaman
maka pendidikan menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi kehidupan
manusia. Dalam pendidikan terjadi proses belajar dan pembelajaran, dimana
proses pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam pencapaian
tujuan pendidikan. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus dilaksanakan
sebaik mungkin. Dalam kurikulum 2013 mengharuskan peserta diidk dapat lebih
aktif agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik selain keaktifan
siswa juga diharapkan dapat lebih kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, salah satu
upaya untuk mewujudkan suasan tersebut maka guru dapat menerapkan
pendekatan scientific. Selain menerapkan pendekatan scientific dalam
pembelajaran juga dapat menerapkan penggunaan multimedia dimana keberadaan
teknologi saat ini semakin berkembang sehingga dapat memanfaatkan
perkembangan teknologi tersebut dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil
observasi terbatas dengan guru mata pelajaran fisika di SMAN 1 Tanggul, minat
belajar fisika masih dikategorikan rendah hal tersebut didukung oleh siswa yang
memilih mata pelajaran fisika dalam UN masih kurang dari 15% dari jumlah
keseluruhan siswa. Selain minat belajar fisika yang masih rendah, kemampuan
berpikir kritis siswa juga dapat dikategorikan rendah salah satu contohnya yaitu
pada saat pembelajaran ketika dijelaskan mengenai contoh soal siswa dapat
memahami namun apabila disuruh mengerjakan soal siswa masih tidak dapat
memahami materi.