• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tegaldlimo dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Balok Berdasarkan Teori Cooney

    Thumbnail
    View/Open
    repositori_peni_1125.pdf (1.919Mb)
    Date
    2021-05-19
    Author
    MADILLA, Peni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap siswa mempunyai tingkatan kesulitan yang berbeda – beda. Kesulitan siswa tersebut memerlukan adanya diagnosis lebih lanjut untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal. Menurut teori Cooney pengklasifikasian kesulitan siswa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu : kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Siswa yang mengalami kesulitan dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan proses berfikir tingkat tinggi sesuai dengan usianya. Melatih kemampuan dan keterampilan siswa tergolong dalam tingkatan berfikir dalam level analisis, sintesis dan evaluasi dapat didapatkan dalam soal Higher Order Thingking Skills (HOTS). Menurut Nursyamsiah,dkk (2020) mendapatkan fakta bahwa sebesar 82,76 % siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kecukupan syarat satu soal materi bangun ruang sisi datar yakni balok. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti terdorong melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegaldlimo dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi balok berdasarkan teori Cooney. Jenis penelitian yang digunakan yakni menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Tegaldlimo dengan siswa yang mengikuti sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 08 November 2021 sampai 13 November 2021. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes yang diberikan kepada 29 siswa, dan metode wawancara, memilih subjek 9 siswa menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan 2 siswa dari masing – masing tingkat kesulitan siswa dan 1 siswa yang mempunyai kesulitan yang sangat rendah dikarenakan pada tingkat yang paling rendah hanya 1 siswa yang dapat memenuhi interval prosentase tingkat kesulitan siswa. Instrumen yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah soal tes HOTS dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Pada hasil validasi soal tes HOTS didapatkan skor rata – rata total adalah 4,318 sedangkan hasil validasi pedoman wawancara diperoleh skor rata – rata total adalah 4,0825. Soal tes yang digunakan sebagai instrumen penelitian yang sudah dinyatakan valid diberikan kepada siswa sebagai subjek penelitian. Hasil tes yang sudah diberikan kepada siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Cooney untuk mendapatkan siswa yang mempunyai tingkat kesulitan sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah dan sangat rendah. Siswa dengan kategori tingkat kesulitan sangat tinggi, tidak dapat menggunakan konsep, tidak dapat menggunakan prinsip dan tidak dapat menyelesaikan masalah verbal. Siswa dengan kategori tingkat kesulitan tinggi, siswa kesulitan dalam menggunakan konsep dan siswa kesulitan dalam menggunakan prinsip. Siswa dengan kategori tingkat kesulitan cukup, mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep. Siswa dengan kategori tingkat kesulitan rendah, mengalami kesulitan dalam beberapa indikator pada kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Siswa dengan kategori tingkat dengan kesulitan sangat rendah, siswa tidak menuliskan apa yang diketahui pada 1 soal. Berdasarkan hasil analisis tidak semua siswa mampu dalam memenuhi indikator menggunakan konsep dengan baik, menggunakan prinsip dengan baik serta dapat menyelesaikan masalah verbal dengan benar, terdapat pula siswa yang tidak mampu memenuhi indikator tersebut, serta ada pula siswa yang hanya mampu memenuhi beberapa indikator saja. Kesulitan tersebut tidak hanya dialami oleh siswa yang memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi akan tetapi siswa yang memiliki tingkat kesulitan sangat rendah juga mengalami hal semacam itu. Hal itu dikarenakan setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda – beda, cara belajar mereka juga berbeda, serta tingkat pemahaman konsep mereka juga berbeda dan penyelesaian masalah mereka juga berbeda – beda. Berdasarkan hal tersebut, kesulitan siswa harus segera ditindaklanjuti agar dapat mencapai tujuan belajar matematika sehingga menghasilkan hasil belajar yang diinginkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108356
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository