• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Termodinamika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    ALDA ALVINA HAWA - 170210102111_.pdf (7.069Mb)
    Date
    2021-06-24
    Author
    HAWA, Alda Alvina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perangkat pembelajaran pada pembelajaran fisika menjadi hal yang krusial dan diperhatikan. Kompetensi inti pada kurikulum 2013 menuntut pelaksanaan pembelajaran fisika menekankan pada pendekatan saintifik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi inti kurikulum 2013 adalah model PBL. Prinsip pembelajaran PBL yaitu memberikan suatu permasalahan pada pembelajaran yang sering ditemui dalam kehidupan sehari – hari. Kemampuan berpikir kritis ialah proses berpikir yang sanggup diterima secara akal, rasional dan bertanggung jawab. Seiring dengan berkembangnya zaman, kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan. Namun pada keadaan yang sebenarnya kebiasaan untuk berpikir kritis belum diterapkan di banyak sekolah. Metode konvensional atau ceramah masih sering digunakan oleh guru pada pembelajaran fisika yang cenderung membuat siswa menjadi bosan dan kurang memperhatikan disaat guru sedang menjelaskan. Termodinamika adalah salah satu materi yang sulit karena konsepnya yang abstrak, sulit divisualisasikan, dan kompleks. Salah satu upaya untuk lebih memahami termodinamika adalah menggunakan simulasi PhET. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, efektifitas, dan respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi termodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gambiran ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA yaitu XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 semester genap tahun ajaran 2020/2021. Tahap awal yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan, kurikulum, dan karakteristik siswa melalui wawancara kepada guru fisika SMA Negeri 1 Gambiran. Tahap yang kedua peneliti melakukan perancanagan perangkat pembelajaran yaitu RPP, LKS, dan Soal dengan kemampuan berpikir kritis. Tahap ketiga yang dilakukan adalah pengembangan dengan melakukan validasi, revisi, dan uji terbatas. Tahap keempat adalah mengimplementasikan pada pembelajaran fisika. Tahap yang terakhir adalah melakukan evalusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti baik digunakan pada pembelajaran fisika. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi RPP dengan skor rata – rata 4,00, hasil validasi LKS sebesar 4,03, dan hasil validasi soal dengan kemampuan berpikir kritis sebesar 4,09. Kemudian pada uji terbatas pada kelas XI MIPA 5 nilai efektifitas sebesar 56,93% dengan rata - rata respon siswa sebesar 3,8. Selain itu nilai efektifitas pada kelas XI MIPA sebesar 55,69% dengan rata – rata respon siswa sebesar 3,92. Berdasarkan data yang diperoleh pada hasil dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Validitas RPP yang dikembangkan menurut validator ahli dan validator pengguna mendapat skor rata – rata sebesar 4,00 dan klasifikasi kevalidannya baik. Kemudian, validitas LKS mendapat skor rata – rata sebesar 4,03 dengan klasifikasi kevalidan baik. Sedangkan soal dengan kemampuan berpikir kritis mendapat skor rata – rata sebesar 4,09 dengan klsafikasi kevalidan baik. Sehingga, perangkat pembelajaran model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi Termodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa klasifikasi kevalidannya baik. (2) Efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi Termodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada uji terbatas N-gain score sebesar 56,93% sedangkan pada kelas XI MIPA 4 sebesar 55,69%. Kedua nilai tersebut masuk kategori sedang, sehingga secara umum perangkat pembelajaran ini cukup efektif digunakan. (3) Pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi Termodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mendapatkan respon positif dari siswa. Pada uji terbatas rata – rata sebesar 3,8 sedangkan pada kelas XI MIPA 4 sebesar 3,92. Kedua nilai tersebut masuk pada klasifikasi baik. Sehingga, secara umum perangkat pembelajaran ini baik digunakan pada pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108343
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15544]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository