Pengaruh Pengalaman dan Kepercayaan Pengunjung Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Objek Wisata Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2021
Abstract
Kekayaan Indonesia yang melimpah memberikan peluang yang besar bagi 
perkembangan pariwisata sehingga dapat menarik wisatawan nusantara dan 
mancanegara. Persaingan dalam sektor wisata menyebabkan pengunjung 
memperoleh banyak pilihan. Destinasi pariwisata dapat dipilih oleh mayoritas 
para pengunjung, maka destinasi harus dapat memenangkan persaingan tersebut. 
Salah satu cara yang digunakan ialah melakukan strategi bersaing destinasi 
pariwisata, yang bertujuan unggul dalam lingkungan persaingan. 
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh 
yang signifikan pengalaman dan kepercayaan pengunjung terhadap minat 
berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 
2021?, (2) Manakah variabel yang paling berpengaruh diantara pengalaman dan 
kepercayaan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata 
Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2021.?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah accidental sampling
yakni teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti 
sehingga dapat digunakan sebagai sampel jika peluang dianggap cocok sebagai 
sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dengan 
menyebarkan angket. Sedangkan sampel dari penelitian ini ialah pengunjung yang 
pernah mengunjungi Objek Wisata Ranu Klakah Lumajang. Teknik pengambilan 
sampel pada penelitian ini dengan mengggunakan kategori Non Probability 
Sampling. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan Jumlah populasi 
yang digunakan dalam penelitian ini ialah 92 orang. Teknik analisis data yang
digunakan ialah analisis inferensial dengan langkah langkah persaman garis 
regresi berganda, analisis varian garis regresi, uji f dan uji hipotesis prsial (uji t). 
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa 
secara simultan pengaruh yang signifikan pengalaman pengunjung dan 
kepercayaan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata 
Ranu Klakah sebesar 83,6%, dimana hasil tersebut dalam kategori tinggi. Secara 
parsial variabel pengalaman pengunjung berpengaruh sebesar 49,062% sedangkan 
kepercayaan pengunjung sebesar 34,944% terhadap minat berkunjung kembali 
pada objek wisata Ranu Klakah. Sedangkan sisanya sebesar 15,944% dipengaruhi 
oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu kepuasan, daya Tarik wisata serta 
fasilitas. Adapun saran dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagi pihak objek 
wisata Ranu Klakah meningkatkan ragam permainan di danau Ranu Klakah, 
meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung. (2) Bagi pengunjung senantiasa 
melestarikan objek wisata Danau Ranu Klakah. (3) Bagi peneliti lain, untuk ikut 
mempertimbangkan sumbangan pengaruh variabel bebas lain yang mempengaruhi 
minat berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah yang tidak diteliti 
dalam penelitian ini.