dc.description.abstract | Kekayaan Indonesia yang melimpah memberikan peluang yang besar bagi
perkembangan pariwisata sehingga dapat menarik wisatawan nusantara dan
mancanegara. Persaingan dalam sektor wisata menyebabkan pengunjung
memperoleh banyak pilihan. Destinasi pariwisata dapat dipilih oleh mayoritas
para pengunjung, maka destinasi harus dapat memenangkan persaingan tersebut.
Salah satu cara yang digunakan ialah melakukan strategi bersaing destinasi
pariwisata, yang bertujuan unggul dalam lingkungan persaingan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh
yang signifikan pengalaman dan kepercayaan pengunjung terhadap minat
berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun
2021?, (2) Manakah variabel yang paling berpengaruh diantara pengalaman dan
kepercayaan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata
Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2021.?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah accidental sampling
yakni teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti
sehingga dapat digunakan sebagai sampel jika peluang dianggap cocok sebagai
sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dengan
menyebarkan angket. Sedangkan sampel dari penelitian ini ialah pengunjung yang
pernah mengunjungi Objek Wisata Ranu Klakah Lumajang. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini dengan mengggunakan kategori Non Probability
Sampling. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan Jumlah populasi
yang digunakan dalam penelitian ini ialah 92 orang. Teknik analisis data yang
digunakan ialah analisis inferensial dengan langkah langkah persaman garis
regresi berganda, analisis varian garis regresi, uji f dan uji hipotesis prsial (uji t).
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa
secara simultan pengaruh yang signifikan pengalaman pengunjung dan
kepercayaan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata
Ranu Klakah sebesar 83,6%, dimana hasil tersebut dalam kategori tinggi. Secara
parsial variabel pengalaman pengunjung berpengaruh sebesar 49,062% sedangkan
kepercayaan pengunjung sebesar 34,944% terhadap minat berkunjung kembali
pada objek wisata Ranu Klakah. Sedangkan sisanya sebesar 15,944% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu kepuasan, daya Tarik wisata serta
fasilitas. Adapun saran dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagi pihak objek
wisata Ranu Klakah meningkatkan ragam permainan di danau Ranu Klakah,
meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung. (2) Bagi pengunjung senantiasa
melestarikan objek wisata Danau Ranu Klakah. (3) Bagi peneliti lain, untuk ikut
mempertimbangkan sumbangan pengaruh variabel bebas lain yang mempengaruhi
minat berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. | en_US |