Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Sherly Kristyana
dc.date.accessioned2022-07-12T02:10:32Z
dc.date.available2022-07-12T02:10:32Z
dc.date.issued2021-09-21
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108328
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Sulistyoningrum Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKekayaan Indonesia yang melimpah memberikan peluang yang besar bagi perkembangan pariwisata sehingga dapat menarik wisatawan nusantara dan mancanegara. Persaingan dalam sektor wisata menyebabkan pengunjung memperoleh banyak pilihan. Destinasi pariwisata dapat dipilih oleh mayoritas para pengunjung, maka destinasi harus dapat memenangkan persaingan tersebut. Salah satu cara yang digunakan ialah melakukan strategi bersaing destinasi pariwisata, yang bertujuan unggul dalam lingkungan persaingan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan pengalaman dan kepercayaan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2021?, (2) Manakah variabel yang paling berpengaruh diantara pengalaman dan kepercayaan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2021.? Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah accidental sampling yakni teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti sehingga dapat digunakan sebagai sampel jika peluang dianggap cocok sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dengan menyebarkan angket. Sedangkan sampel dari penelitian ini ialah pengunjung yang pernah mengunjungi Objek Wisata Ranu Klakah Lumajang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan mengggunakan kategori Non Probability Sampling. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah 92 orang. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis inferensial dengan langkah langkah persaman garis regresi berganda, analisis varian garis regresi, uji f dan uji hipotesis prsial (uji t). Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa secara simultan pengaruh yang signifikan pengalaman pengunjung dan kepercayaan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah sebesar 83,6%, dimana hasil tersebut dalam kategori tinggi. Secara parsial variabel pengalaman pengunjung berpengaruh sebesar 49,062% sedangkan kepercayaan pengunjung sebesar 34,944% terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah. Sedangkan sisanya sebesar 15,944% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu kepuasan, daya Tarik wisata serta fasilitas. Adapun saran dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagi pihak objek wisata Ranu Klakah meningkatkan ragam permainan di danau Ranu Klakah, meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung. (2) Bagi pengunjung senantiasa melestarikan objek wisata Danau Ranu Klakah. (3) Bagi peneliti lain, untuk ikut mempertimbangkan sumbangan pengaruh variabel bebas lain yang mempengaruhi minat berkunjung kembali pada objek wisata Ranu Klakah yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Joko Widodo, M.M (Dosen Pembimbing) Dra.Sri Wahyuni, M.Si (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKabupaten Lumajangen_US
dc.subjectWisata Ranu Klakahen_US
dc.titlePengaruh Pengalaman dan Kepercayaan Pengunjung Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Objek Wisata Ranu Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2021en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record