Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Abstract
Adanya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa akan memudahkan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Proses penyelesaian yang dilakukan oleh siswa memiliki respon yang berbeda-beda. Perbedaan respon tersebut dipengaruhi oleh Adversity Quotient (AQ) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat dipengaruhi oleh Adversity Quotient (AQ) yang dimiliki siswa. Terdapat 3 siswa yang memiliki kategori AQ tinggi, 3 siswa yang memiliki kategori AQ sedang, dan 1 siswa dengan kategori AQ rendah. Siswa dengan kategori AQ tinggi mempunyai kemampuan berpikir kritis sangat tinggi dan tinggi. Untuk siswa dengan kategori AQ sedang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi dan sedang. Untuk siswa dengan kategori AQ rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat rendah.