• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada PT. Topsel Raharja Indonesia Kota Mojokerto

    Thumbnail
    View/Open
    DEVINA GLORIA HAPSARI - 170210301074.pdf (3.706Mb)
    Date
    2022-01-14
    Author
    HAPSARI, Devina Gloria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini digunakan oleh peneliti untuk mendeskripsikan mengenai pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran PT Topsel Raharja Indonesia Kota Mojokerto. Lokasi penelitian ini ditentukan dengan metode purposive area. Sedangkan untuk informan dari penelitian ini ialah store manager dan karyawan divisi online. Metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui tahapan observasi, wawancara, dan dokumen. Tahapan analisis data penelitian ini yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Topsel Raharja Indonesia Kota Mojokerto memanfaatkan berbagai media sosial sebagai media komunikasi pemasarannya di masa pandemi covid-19 yakni youtube, instagram, facebook, whatsapp, tik tok, dan telegram. Melalui berbagai media sosial yang dimanfaatkan PT Topsel Raharja Indonesia Kota Mojokerto dapat melakukan unggahan berupa iklan, promosi, konten, dan komunikasi dengan konsumen. Adapaun dampak dari pemanfaatan berbagai media sosial oleh PT Topsel Raharja Indonesia Kota Mojokerto yaitu kestabilan penjualan, memudahkan komunikasi dengan konsumen, dan perluasan target konsumen. Terdapat kendala yang berbeda-beda pada setiap media sosial yang dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran oleh PT Topsel Raharja Indonesia Kota Mojokerto. Kendala pada youtube yakni dari adanya review produk yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Instagram, facebook, tik tok memiliki kendala yang hampir sama yakni bagaimana perusahaan mengemas suatu unggahan mengenai produk yang dijual, namun tidak secara langsung menjual produk pada media sosial tersebut. Sedangkan pada telegram merupakan media sosial yang cukup tertutup dan tidak jauh berbeda dengan whatsapp. Sehingga kendala dalam pemanfaatan telegram sebagai media komunikasi pemasaran ialah perusahaan tidak dapat menyuarakan lebih luas terkait produk yang dijual. Dan untuk whatsapp kendala lain yang dihadapi yaitu kurang cepatnya respon pada konsumen, karena terbatasnya jumlah pengelola media sosial dibandingkan dengan jumlah chat yang masuk dari konsumen.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108314
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository