• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SENDY ARDIANA PUTRI - 170210204082.pdf (4.053Mb)
    Date
    2021-10-14
    Author
    PUTRI, Sendy Ardiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memuat keterampilan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan yang dapat melibatkan siswa aktif dalam mengembangkan ide melalui pengalamannya. Proses pembelajaran yang hanya mengingat dan menghafal akan membuat siswa kurang aktif dalam berpikir. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu potensi yang sangat perlu diterapkan pada siswa. Meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat melalui strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember belum pernah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Siswa juga belum terbiasa berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir tingkat tingginya masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design menggunakan pola non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA berjumlah 27 siswa dan kelas IVB berjumlah 27 siswa. Peneliti terlebih dahulu melakukan uji homogenitas pada kedua kelas dengan menggunakan nilai rata-rata PAS (Penilaian Akhir Semester) semester ganjil. Perhitungan uji homogenitas diperoleh hasil t0 sebesar 0,207 dan koefisien F sebesar 1,635 menunjukkan lebih besar dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan homogen. Penentuan kelompok penelitian dilakukan dengan teknik acak sederhana dan hasilnya kelas IVA kelompok kontrol dan kelas IVB kelompok eksperimen. Selanjutnya melakukan uji normalitas menggunakan data pretest siswa. Perhitungan uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk diperoleh hasil kelompok kontrol nilai signifikansinya sebesar 0,230 dan kelompok eksperimen nilai signifikansinya sebesar 0,084. Hasil kedua kelompok menunjukkan lebih dari 0,05 (0,230 > 0,05 < 0,084) sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. Tahap berikutnya yaitu mengelola dan menganalisis data pretest dan posttest. Hasil perhitungan uji t menunjukkan nilai thitung ttabel = 4,917 2,00665, sehingga dapat disimpulkan bahwa (Hα) ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV Mojosari 01 Kabupaten Jember. Kemudian, dilakukan uji keefektfifan relatif menunjukkan nilai ER sebesar 51,645% yang termasuk kategori “sedang”, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif sekitar 51,645% dibandingkan pembelajaran tanpa menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa pencapaian hasil siswa kelompok eksperimen (IVB) ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (IVA) yang tidak menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah diharapkan menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108268
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15431]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository