Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Sendy Ardiana
dc.date.accessioned2022-07-08T02:23:30Z
dc.date.available2022-07-08T02:23:30Z
dc.date.issued2021-10-14
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108268
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Sulistyoningrum Finalisasi unggah file repositori tanggal 8 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractModel pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memuat keterampilan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan yang dapat melibatkan siswa aktif dalam mengembangkan ide melalui pengalamannya. Proses pembelajaran yang hanya mengingat dan menghafal akan membuat siswa kurang aktif dalam berpikir. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu potensi yang sangat perlu diterapkan pada siswa. Meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat melalui strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember belum pernah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Siswa juga belum terbiasa berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir tingkat tingginya masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design menggunakan pola non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA berjumlah 27 siswa dan kelas IVB berjumlah 27 siswa. Peneliti terlebih dahulu melakukan uji homogenitas pada kedua kelas dengan menggunakan nilai rata-rata PAS (Penilaian Akhir Semester) semester ganjil. Perhitungan uji homogenitas diperoleh hasil t0 sebesar 0,207 dan koefisien F sebesar 1,635 menunjukkan lebih besar dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan homogen. Penentuan kelompok penelitian dilakukan dengan teknik acak sederhana dan hasilnya kelas IVA kelompok kontrol dan kelas IVB kelompok eksperimen. Selanjutnya melakukan uji normalitas menggunakan data pretest siswa. Perhitungan uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk diperoleh hasil kelompok kontrol nilai signifikansinya sebesar 0,230 dan kelompok eksperimen nilai signifikansinya sebesar 0,084. Hasil kedua kelompok menunjukkan lebih dari 0,05 (0,230 > 0,05 < 0,084) sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. Tahap berikutnya yaitu mengelola dan menganalisis data pretest dan posttest. Hasil perhitungan uji t menunjukkan nilai thitung ttabel = 4,917 2,00665, sehingga dapat disimpulkan bahwa (Hα) ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV Mojosari 01 Kabupaten Jember. Kemudian, dilakukan uji keefektfifan relatif menunjukkan nilai ER sebesar 51,645% yang termasuk kategori “sedang”, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif sekitar 51,645% dibandingkan pembelajaran tanpa menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa pencapaian hasil siswa kelompok eksperimen (IVB) ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (IVA) yang tidak menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah diharapkan menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph. D (Dosen Pembimbing) Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFis (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record