• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Dengan Pendekatan Stem Pada Pokok Bahasan Fisika Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa Sma Kelas Xi

    Thumbnail
    View/Open
    SELVI AYU ANGGRAENI - 170210102090.pdf (7.061Mb)
    Date
    2021-08-12
    Author
    ANGGRAENI, Selvi Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu yang paling dasar dari ilmu alam lainnya dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari sebab untuk memahami fisika tidak harus melibatkan rumus melainkan dapat mengaitkan konsep fisika dengan kejadian sehari-hari (Ali Yaz, 2007). Pada pembelajaran fisika guru dituntut untuk memberikan inovasi dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan seringkali guru menjadi pusat dan siswa cenderung menghafal materi dibandingkan memahami konsep serta penerapannya. Pada proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), sehingga siswa memiliki pemahaman mengenai konsep, memecahkan masalah dan menemukan hal baru serta memenuhi kebutuhan abad 21. Pendekatan STEM dituangkan dalam modul pembelajaran yang disusun secara sistematis agar siswa mudah memahami materi dan dapat belajar secara mandiri sehingga siswa tidak selalu bergantung pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan validitas dari modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis; (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4D yang mempunyai tahapan meliputi: (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (3) Disseminate. Penentuan tempat penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Adapun tempat uji pengembangan modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis yaitu SMA Negeri 4 Probolinggo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan MIPA 3 tahun ajaran 2020/2021. Validasi modul dengan pendekatan STEM didasarkan menurut penilaian ahli dengan menggunakan lembar validasi. Respon siswa terhadap penggunaan modul diperoleh dari lembar angket kuisioner dengan mengisi google form. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti setelah melaksanakan penelitian bahwa modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan di sekolah. Hasil analisis data validasi dari ketiga validator diperoleh nilai validitas sebesar 92% dengan kriteria sangat valid. Modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis memperoleh respon siswa sebesar 85,55% dengan kriteria sangat positif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108267
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository