Show simple item record

dc.contributor.authorANGGRAENI, Selvi Ayu
dc.date.accessioned2022-07-08T02:22:02Z
dc.date.available2022-07-08T02:22:02Z
dc.date.issued2021-08-12
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108267
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Sulistyoningrum Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang paling dasar dari ilmu alam lainnya dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari sebab untuk memahami fisika tidak harus melibatkan rumus melainkan dapat mengaitkan konsep fisika dengan kejadian sehari-hari (Ali Yaz, 2007). Pada pembelajaran fisika guru dituntut untuk memberikan inovasi dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan seringkali guru menjadi pusat dan siswa cenderung menghafal materi dibandingkan memahami konsep serta penerapannya. Pada proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), sehingga siswa memiliki pemahaman mengenai konsep, memecahkan masalah dan menemukan hal baru serta memenuhi kebutuhan abad 21. Pendekatan STEM dituangkan dalam modul pembelajaran yang disusun secara sistematis agar siswa mudah memahami materi dan dapat belajar secara mandiri sehingga siswa tidak selalu bergantung pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan validitas dari modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis; (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4D yang mempunyai tahapan meliputi: (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (3) Disseminate. Penentuan tempat penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Adapun tempat uji pengembangan modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis yaitu SMA Negeri 4 Probolinggo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan MIPA 3 tahun ajaran 2020/2021. Validasi modul dengan pendekatan STEM didasarkan menurut penilaian ahli dengan menggunakan lembar validasi. Respon siswa terhadap penggunaan modul diperoleh dari lembar angket kuisioner dengan mengisi google form. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti setelah melaksanakan penelitian bahwa modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan di sekolah. Hasil analisis data validasi dari ketiga validator diperoleh nilai validitas sebesar 92% dengan kriteria sangat valid. Modul dengan pendekatan STEM pada pokok bahasan fisika materi fluida dinamis memperoleh respon siswa sebesar 85,55% dengan kriteria sangat positif.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Singgih Bektiarso, M.Pd (Dosen Pembimbing) Drs. Trapsilo Prihandono, M.Si (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectFisika Materi Fluida Dinamisen_US
dc.titlePengembangan Modul Dengan Pendekatan Stem Pada Pokok Bahasan Fisika Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa Sma Kelas Xien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record