• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tindak Tutur Ekspresif Mengeluh Guru Kepada Siswa Tunarungu di Dalam dan Luar Jam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPLB Negeri Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Santi Indah Sari - 170210402001.pdf (2.132Mb)
    Santi Indah Sari - 170210402001.pdf (2.132Mb)
    Date
    2021-09-25
    Author
    SARI, Santi Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tindak tutur digunakan penutur untuk menyampaikan keinginan atau maksud kepada mitra tutur. Tindak tutur yang dilakukan oleh guru SMPLB bermasalah. Masalahnya guru sering mengeluh, karena bahasa yang digunakan siswa sulit dimengerti. Keluhan ini dirasakan saat pembelajaran berlangsung yang menyebabkan proses belajar mengajar menjadi tidak efektif dan efisien, serta siswa merasa tidak nyaman atau terganggu saat belajar. Terkait konteks tersebut, skripsi ini mendeskripsikan temuan: (1) tindak tutur ekspresif mengeluh guru saat pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMPLB Negeri Jember dan (2) tindak tutur ekspresif mengeluh guru saat berkomunikasi di luar jam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMPLB Negeri Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur yang terindikasi tindak tutur ekspresif mengeluh. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru di dalam dan luar jam pembelajaran kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, sedangkan teknik analisis data ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen pemandu pengumpul data dan instrumen pemandu analisis data. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) data berupa wujud tindak tutur ekspresif mengeluh guru saat pembelajaran ditemukan: a) mengeluh dengan sindiran, b) mengeluh dengan kekesalan, c) mengeluh dengan kekecewaan, dan d) mengeluh dengan kejengkelan. Wujud keluhan tersebut sering muncul saat proses pembelajaran di kelas VII. Hal itu disebabkan karena siswa memiliki keterbatasan dalam pendengarannya, sehingga siswa tidak dapat mendengar dengan baik materi yang diajarkan oleh guru. (2) data berupa wujud tindak tutur ekspresif mengeluh guru saat berkomunikasi di lluar jam pembelajaran ditemukan: a) mengeluh dengan kebingungan, b) mengeluh dengan kejengkelan, dan c) mengeluh dengan kekesalan. Kesulitan berkomunikasi sering dialami oleh guru SMPLB Negeri Jember kepada siswa yang memiliki keterbatan dalam pendengaran, ketika seseorang sulit mendengar maka dalam hal berkomunikasi pun juga akan mengalami kesulitan. Hal demikian pun yang membuat guru menjadi mengeluh saat berkomunikasi baik di dalam kelas maupun luar kelas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108258
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository