Pengaruh Hedonic dan Utilitarian Value terhadap Purchase Intention pada Aplikasi Tokopedia
Abstract
Penggunaan internet yang semakin meningkat dari waktu kewaktu
menyebabkan berbagai kalangan bisa melakukan bisnis online, salah satu bisnis
online yang berkembang pesat yaitu website. Penggunaan website merupakan
bagian dari proses customer relationship yang menghubungkan antara pelaku
bisinis dengan konsumen tanpa harus bertemu secara langsung. Salah satu situs
website pelayanan jasa e- commerce yang sudah berkembang pesat dan dikenal
masyarakat Indonesia yaitu situs website Tokopedia. Dengan fenomena yang ada
penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel yang mempengaruhi Purchase
Intention pada Aplikasi Tokopedia dengan menggunakan variabel Hedonic dan
Utilitarian Value.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih masyarakat dari usia 17-25 tahun
yang merupakan pengguna aplikasi Tokopedia, dengan teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling, yaitu dengan
menggunakan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan pembelian atau
yang akan melakukan pembelian di aplikasi Tokopedia. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer
yang digunakan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hipotesis dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel Hedonic, dan Utilitarian Value berpengaruh
terhadap Purchase Intention.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Hedonic
dan Utilitarian Value Berpengaruh positif terhadap Purchase Intention pada
Aplikasi Tokopedia.