Pengaruh Hedonic dan Utilitarian Value terhadap Purchase Intention pada Aplikasi Tokopedia
Abstract
Penggunaan internet yang semakin meningkat dari waktu kewaktu 
menyebabkan berbagai kalangan bisa melakukan bisnis online, salah satu bisnis 
online yang berkembang pesat yaitu website. Penggunaan website merupakan 
bagian dari proses customer relationship yang menghubungkan antara pelaku 
bisinis dengan konsumen tanpa harus bertemu secara langsung. Salah satu situs 
website pelayanan jasa e- commerce yang sudah berkembang pesat dan dikenal 
masyarakat Indonesia yaitu situs website Tokopedia. Dengan fenomena yang ada
penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel yang mempengaruhi Purchase 
Intention pada Aplikasi Tokopedia dengan menggunakan variabel Hedonic dan
Utilitarian Value.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih masyarakat dari usia 17-25 tahun
yang merupakan pengguna aplikasi Tokopedia, dengan teknik pengambilan 
sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling, yaitu dengan 
menggunakan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan pengambilan sampel 
dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan pembelian atau 
yang akan melakukan pembelian di aplikasi Tokopedia. Data yang digunakan 
dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer
yang digunakan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hipotesis dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel Hedonic, dan Utilitarian Value berpengaruh
terhadap Purchase Intention.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Hedonic 
dan Utilitarian Value Berpengaruh positif terhadap Purchase Intention pada 
Aplikasi Tokopedia.