Clinical Learning Environment in Hospitals: Assessment of Nursing Students
Date
2021-06-01Author
AUFAR, Fajar Nur
PURWANDARI, Retno
KURNIAWAN, Dicky Endrian
Metadata
Show full item recordAbstract
Evaluasi lingkungan pembelajaran klinik penting dilakukan karena dapat
meningkatkan keberhasilan mahasiswa dalam menjalani praktik klinik di rumah
sakit dan berdampak pada institusi keperawatan yaitu dapat menghasilkan
kualitas lulusan mahasiswa yang baik. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi
lingkungan pembelajaran klinik mahasiswa profesi ners di rumah sakit. Desain
penelitian menggunakan deskriptif dan melibatkan sejumlah 229 mahasiswa
profesi Ners dari angkatan 23 dan 24 Fakultas Keperawatan Universitas Jember
yang dikumpulkan menggunakan total sampling. Hasil evaluasi lingkungan
pembelajaran klinik mahasiswa profesi ners di rumah sakit menunjukkan skor
nilai rata-rata 132,75 dari nilai maksimal yang dapat dicapai 170. Setiap indikator
memiliki nilai rata-rata dan persentase ketercapaian dimulai dari yang tertinggi ke
terendah yaitu hubungan supervisi (pembimbing klinik atau clinical instructor)
dengan rata-rata 31,10 (77,75%), gaya kepemimpinan manajer bangsal dengan
rata-rata 15,41 (77,05%), peran dosen perawat (dosen akademik) dengan ratarata 34,02 (75,60%), tempat pelayanan keperawatan dengan rata-rata 15,05
(75,25%) dan suasana strategi pembelajaran dengan rata-rata 33,25 (73,25) serta
kepuasan mahasiswa secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata 3,92 (78,40%).
Hasil penelitian menunjukkan belum sepenuhnya mahasiswa puas, yang artinya
lingkungan pembelajaran klinik harus ditingkatkan untuk memberikan lingkungan
pembelajaran klinik yang sesuai sehingga mahasiswa merasa puas dan kompetensi
klinik dapat tercapai.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]