• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Clinical Learning Environment in Hospitals: Assessment of Nursing Students

    Thumbnail
    View/Open
    F KEP_FAJAR NUR A_JURNAL_Clinical Learning Environment in Hospitals Assessment of Nursing Students.pdf (2.068Mb)
    Date
    2021-06-01
    Author
    AUFAR, Fajar Nur
    PURWANDARI, Retno
    KURNIAWAN, Dicky Endrian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Evaluasi lingkungan pembelajaran klinik penting dilakukan karena dapat meningkatkan keberhasilan mahasiswa dalam menjalani praktik klinik di rumah sakit dan berdampak pada institusi keperawatan yaitu dapat menghasilkan kualitas lulusan mahasiswa yang baik. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi lingkungan pembelajaran klinik mahasiswa profesi ners di rumah sakit. Desain penelitian menggunakan deskriptif dan melibatkan sejumlah 229 mahasiswa profesi Ners dari angkatan 23 dan 24 Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang dikumpulkan menggunakan total sampling. Hasil evaluasi lingkungan pembelajaran klinik mahasiswa profesi ners di rumah sakit menunjukkan skor nilai rata-rata 132,75 dari nilai maksimal yang dapat dicapai 170. Setiap indikator memiliki nilai rata-rata dan persentase ketercapaian dimulai dari yang tertinggi ke terendah yaitu hubungan supervisi (pembimbing klinik atau clinical instructor) dengan rata-rata 31,10 (77,75%), gaya kepemimpinan manajer bangsal dengan rata-rata 15,41 (77,05%), peran dosen perawat (dosen akademik) dengan ratarata 34,02 (75,60%), tempat pelayanan keperawatan dengan rata-rata 15,05 (75,25%) dan suasana strategi pembelajaran dengan rata-rata 33,25 (73,25) serta kepuasan mahasiswa secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata 3,92 (78,40%). Hasil penelitian menunjukkan belum sepenuhnya mahasiswa puas, yang artinya lingkungan pembelajaran klinik harus ditingkatkan untuk memberikan lingkungan pembelajaran klinik yang sesuai sehingga mahasiswa merasa puas dan kompetensi klinik dapat tercapai.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108217
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7410]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository