Kualitas Pelayanan E-government Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Online Polres Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan kualitas pelayanan E-Government
pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online di Polres Jember.
Sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 18
Tahun 2014 tentang sistem pelayanan SKCK Online maka pihak Kepolisian berupaya
menerapkan inovasi pelayanan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.
Salah satu teknologi yang dikembangkan di Kepolisian Resort (Polres) Jember adalah
SKCK online. Tetapi fakta yang ada tidak sesuai dengan keadaan dilapangan,
masyarakat masih saja melakukan pendataan secara manual padahal pemohon skck
sudah melakukan pendaftaran melalui online. Penerapan teknologi informasi masalah
pada sumber daya manusia (SDM ) juga menjadi suatu kendala. Kendala tersebut
adalah petugas yang belum semuanya dapat menguasai teknologi informasi dengan
baik. Kemudian teknologi informasi sangat bergantung pada jaringan listik dan
jaringan internet. Apabila jaringan listrik terputus, maka pelayanannya akan
terganggu, begitu juga dengan jaringan internet apabila mengalami off line maka
pelayanan tidak bisa dilakukan dan pelayanan dilaksanakan secara manual.