Model Pembelajaran Apposite (Application of Step Instruction and Elaboration) Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis
Abstract
Pendidikan memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas Sumber
Daya Manusia agar mampu berkompetisi secara global. Karena itu, peningkatan
SDM sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan suatu bangsa. Masalah lain
pendidikan di Indonesia dan seluruh dunia sekarang dikarenakan adanya
pembelajaran jarak jauh yang telah berjalan tahun 2020-2021 yang disebabkan oleh
virus corona. Hal ini menjadikan tantangan bagi guru diseluruh Indonesia agar tidak
terjadinya penurunan hasil belajar siswa. Penerimaan yang baik siswa dapat
dilakukan dengan memberikan bantuan media yang memiliki akses mudah untuk
siswa pada masa pandemi, contohnya video animasi merupakan sebuah instrument
yang membuat Bahasan fluida statis lebih ramah dipahami karena adanya
visualisasi nyata yang banyak diketahui siswa. Penggunaan media video animasi
saja juga tidak bisa tersampaikan secara maksimal tanpa adanya perencanaan
penyampaian pola pembelajaran yang baik. Model Apposite merupakan model
pembelajaran yang memiliki perencanaan instruksi bertahap. Penggunaan tahapan
dapat berupa membimbing siswa dalam memahami konsep fisika secara bertahap
agar penyelesaian utama dapat terselesaikan dengan mudah. Pengaitan peristiwa
lingkungan sekitar yang memiliki sangkut paut dengan fluida statis akan
memberikan penyampaian serta pengelolahan yang ramah pada siswa.