Implementasi Bauran Pemasaran Jasa pada Production House ZH Picture
Abstract
Penelitian implementasi bauran pemasaran jasa pada Production House ZH
Picture dilatarbelakangi oleh semakin majunya bisnis industri kreatif seperti
pembuatan foto dan video profil perusahaan, katalog atau iklan produk, dan
dokumentasi suatu event dan pernikahan. Persaingan yang ketat memaksa
perusahaan untuk bersaing dalam pengimplementasian strategi pemasaran supaya
unggul dalam pangsa pasar. Implementasi strategi yang efektif adalah
menggunakan bauran pemasaran tujuh unsur yaitu product, price, place,
promotion, people, process, dan physical evidence.
Salah satu Production House di Jember yaitu ZH Picture. ZH Picture
merupakan perusahaan jasa pembutan foto dan video yang baru merintis sejak
tahun 2017 dan mampu menyaingi Production House lainnya. Peneliti tertarik
untuk melakukan penelitian terhadap implementasi bauran pemasaran jasa yang
diterapkan oleh ZH Picture. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif. Sumber data diperoleh dari Owner perusahaan, pegawai perusahaan,
dan konsumen yang telah memakai jasa ZH Picture. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah agar mengetahui dan mendeskripsikan strategi
pemasaran jasa yang dilakukan oleh ZH Picture. ZH Picture telah melakukan
beberapa implementasi bauran pemasaran jasa menggunakan tujuh unsur. Ketujuh
implementasi yang digunakan yaitu: (1) Produk yang ditawarkan oleh ZH Picture
yaitu foto dan video dokumentasi event dan pernikahan, foto dan video katalog
produk, iklan produk, serta profil perusahaan, dan pembuatan pembelajaran daring
kursus videografi; (2) Harga, dalam penentuan harga pada ZH Picture telah
ditetapkan di marketplace vizispace dan website dari ZH Picture untuk penentuan
video produk dan profil perusahaan tergantung berapa hari pengerjaan dan apa
saja yang dibutuhkan; (3) Tempat ZH Picture, terletak pada Jl. Sumatra No. 124
Jember; (4) Promosi ZH Picture melakukan iklan pada TikTok dan Instagram; (5)
Orang atau karyawan perusahaan tidak ada background perkuliahan perfilman
atau fotografi; (6) Proses yang dilakukan oleh ZH Picture adalah payment, proses
produksi, editing, pengiriman file; (7) Bukti Fisik merupakan bauran pemasaran
yang mendukung segala aktivitas ZH Picture biasanya bukti fisik umum yang
dimiliki ZH Picture adalah studio, tempat parkir, peralatan produksi, website, dan
logo.
Penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu tujuh unsur bauran pemasaran
jasa tidak dapat dipisahkan. Tujuh unsur bauran pemasaran diterapkan dengan
saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya tanpa saling mengunggulkan
salah satu dari ketujuh unsur tersebut. penerapan bauran pemasaran jasa secara
seimbang dapamempengaruhi hasil yang akan dicapai oleh ZH Picture.