• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Stem Project Based Learning Stem-Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mipa Sman Pakusari Jember

    Thumbnail
    View/Open
    MUHAMMAD REZA FIRMANTARA - 150210103093.pdf (9.805Mb)
    Date
    2019-07-26
    Author
    FIRMANTARA, Muhammad Reza
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan berwawasan yang luas, inovatif, dan terbarukan. Berpikir kreatif sangat terkait dengan kreativitas untuk mencapai tujuan dengan cara dinamis dan inovatif setiap peserta didik. Pengertian kreatif berhubungan dengan penemuan sesuatu yang baru berdasarkan dengan sesuatu yang telah ada bisa dalam bentuk modifikasi atau pengembangan. Siswa yang tinggi tingkat kecerdasannya tidak selalu menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi, dan banyak siswa yang tinggi tingkat kreativitasnya tidak selalu tinggi tingkat kecerdasannya. Keterampilan berpikir kreatif dengan menerapkan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan membebaskan siswa untuk mengembangan kecerdasannya seluas-luasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM-PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Implementasi STEM-PjBL dalam kegiatan belajar mengajar adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk beraktivitas dalam belajar, bekerjasama atau diskusi dengan teman sebaya, saling bertukar pendapat untuk menambah pengetahuan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan yang diinginkan, kemudian dipresentasikan kepada orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengaruh STEM-PjBl, dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran biologi konvensional dengan metode presentasi, diskusi, tanya jawab, dan praktikum. Penelitian ini dilakukan di SMAN Pakusari dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Penelitian ini dilakukan uji Independent Sample t-test untuk mengetahui perbedaan rerata kedua kelas serta uji analisis kovarian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengaruh STEM PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir kreatif diukur melalui instrumen penilaian berpikir kreatif yang tertera pada setiap LDS yang dikerjakan siswa pada setiap pertemuan. Sedangkan hasil belajar siswa yakni ranah; kognitif, yang diukur melalui nilai pretest- posttest.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dengan STEM-PjBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif STEM-PjBl dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Hal ini dikarenakan dikelas eksperimen diberi perlakuan STEM-PjBL sehingga proses pembelajaran berjalan menyenangkan dan menarik, serta mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran STEM-PjBl terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107776
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository