Show simple item record

dc.contributor.authorFIRMANTARA, Muhammad Reza
dc.date.accessioned2022-06-27T16:19:08Z
dc.date.available2022-06-27T16:19:08Z
dc.date.issued2019-07-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107776
dc.description.abstractPendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan berwawasan yang luas, inovatif, dan terbarukan. Berpikir kreatif sangat terkait dengan kreativitas untuk mencapai tujuan dengan cara dinamis dan inovatif setiap peserta didik. Pengertian kreatif berhubungan dengan penemuan sesuatu yang baru berdasarkan dengan sesuatu yang telah ada bisa dalam bentuk modifikasi atau pengembangan. Siswa yang tinggi tingkat kecerdasannya tidak selalu menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi, dan banyak siswa yang tinggi tingkat kreativitasnya tidak selalu tinggi tingkat kecerdasannya. Keterampilan berpikir kreatif dengan menerapkan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan membebaskan siswa untuk mengembangan kecerdasannya seluas-luasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM-PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Implementasi STEM-PjBL dalam kegiatan belajar mengajar adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk beraktivitas dalam belajar, bekerjasama atau diskusi dengan teman sebaya, saling bertukar pendapat untuk menambah pengetahuan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan yang diinginkan, kemudian dipresentasikan kepada orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengaruh STEM-PjBl, dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran biologi konvensional dengan metode presentasi, diskusi, tanya jawab, dan praktikum. Penelitian ini dilakukan di SMAN Pakusari dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Penelitian ini dilakukan uji Independent Sample t-test untuk mengetahui perbedaan rerata kedua kelas serta uji analisis kovarian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengaruh STEM PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir kreatif diukur melalui instrumen penilaian berpikir kreatif yang tertera pada setiap LDS yang dikerjakan siswa pada setiap pertemuan. Sedangkan hasil belajar siswa yakni ranah; kognitif, yang diukur melalui nilai pretest- posttest.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dengan STEM-PjBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif STEM-PjBl dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Hal ini dikarenakan dikelas eksperimen diberi perlakuan STEM-PjBL sehingga proses pembelajaran berjalan menyenangkan dan menarik, serta mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran STEM-PjBl terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Suratno, M.Si (Dosen Pembimbing) Dr. Slamet Hariyadi, M.Si (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTEM Project Based Learning (STEM-PjBL)en_US
dc.titlePengaruh Stem Project Based Learning Stem-Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mipa Sman Pakusari Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record