Sistem Sales Forecasting Produk Skin Care MS GLOW Menggunakan Metode Least Square pada Agen MS GLOW Jember
Abstract
MS GLOW merupakan brand kosmetik yang turut hadir di tengah
persaingan industri skin care yang cukup ketat di Indonesia. Bersamaan dengan
tingginya kebutuhan akan perawatan kulit atau skin care di Indonesia,
menyebabkan peminat akan produk kecantikan MS GLOW juga semakin tinggi,
ditambah lagi bahwa brand MS GLOW kerap kali memenangkan berbagai
penghargaan bergengsi. Sistem penjualan pada brand MS GLOW menggunakan
sistem reseller yang menjadikan pemenuhan kebutuhan MS GLOW pada setiap
konsumen berbeda – beda, hal tersebut juga dirasakan oleh Putri MS GLOW
Jember yang merupakan agen resmi MS GLOW daerah Jember. Agen dituntut
mampu memahami kebutuhan konsumen supaya tetap survive dalam pemenuhan
permintaan konsumen. Permasalahan yang terjadi pada agen Putri MS GLOW
Jember adalah pencatatan penjualan yang masih dilakukan secara manual, sehingga
Putri MS GLOW Jember hanya menentukan penjualan mendatang dengan mengacu
pada penjualan sebelumnya, dimana hal ini mengakibatkan sering timbul
permasalahan lain seperti, kekosongan persediaan produk sehingga tidak dapat
memenuhi permintaan konsumen yang membuat beberapa konsumen atau reseller
kecewa karena produk yang dipesan tidak tersedia, atau sebaliknya dimana agen
mengalami kelebihan persedian yang menyebabkan penumpukan produk, hingga
mendekati kadaluarsa sehingga harga jual turun dan mengalami kerugian. Oleh
karena itu, supaya agen Putri MS GLOW dapat memenuhi permintaan konsumen
maka dibuatlah sistem sales forecasting. Sistem sales forecasting produk MS
GLOW pada agen Putri MS GLOW Jember yang akan dikembangkan
menggunakan metode least square, sistem yang telah dikembangkan diharapkan
mampu membantu meramalkan penjualan dengan akurat pada periode yang akan
datang.