Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Joker Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction Eucs
Abstract
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi
Joker Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS);
Ayulil Hidayati, 152410101011; 2020; 115 halaman; Fakultas Ilmu
Komputer Universitas Jember.
Masyarakat sekarang dapat lebih mudah mendapatkan jasa transportasi,hal itu
karena adanya jasa transportasi online. Aplikasi Joker merupakan aplikasi
transportasi onlinedi daerah Kabupaten Situbondoyang terbentuk pada tahun
2016.Menurut driver Joker, Pelanggan Joker hanya sedikit yang menggunakan
aplikasi, selebihnya menggunakan via Whatsapp. Berdasarkan ulasan di playstore,
aplikasi Joker masih memiliki beberapa kelemahan seperti aplikasi tidak
tersambung dengan google maps, pemesananan harus diketik manual semua, dan
sering terhenti. Dari beberapa kelemahan aplikasi Joker ini jadi, perlu adanya
analisis untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna
terhadap aplikasinya.
Peneliti mengambil salah satu metode pengukuran kepuasan yang
digunakan yaitu metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode
EUCS dipilih dalam penelitian ini karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu
menganalisis kepuasan pengguna akhir aplikasi Joker. EUCS memiliki lima
variabel yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness dari sistem
dan 12 instrumen.Instrumen yang ada pada metode EUCS bersifat umum yang
dapat digunakan disegala jenis aplikasi sehingga dinilai cocok untuk mengukur
kepuasan pengguna akhir aplikasi Joker serta lebih mudah digunakan.
Tahapan awal yang dilakukan adalah identifikasi masalah dan studi
literatur untuk dapat memberi solusi permasalahan aplikasi. Kemudian
menyusun model penelitian sehingga dapat menyusun hipotesis.
Penelitian menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan metode
yang digunakan. Sebelum melakukan penyebaran kuesioner, terlebih dahulu menentukan metode pengambilan
sampel dan uji instrumen agar kuesioner yang dibagikan valid dan
reliabel. Setelah penyebaran kuesioner, dilakukan pengumpulan data
untuk menyeleksi data. Apabila data sudah terkumpul, maka dilakukan
analisis data untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua factor yang
tergabung dalam instrumen EUCS menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan
pengguna pada beberapa layanan jasa di aplikasi JOKER. Faktor yang
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi JOKER
di wilayah Kabupaten Situbondo pada jasa Ojek adalah content, ease of use, dan
timeliness. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan
pengguna aplikasi JOKER di wilayah Kabupaten Situbondo adalah
accuracy dan format