Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorHIDAYATI, Ayulil
dc.date.accessioned2022-05-17T03:12:37Z
dc.date.available2022-05-17T03:12:37Z
dc.date.issued2020-11-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106755
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Joker Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS); Ayulil Hidayati, 152410101011; 2020; 115 halaman; Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember. Masyarakat sekarang dapat lebih mudah mendapatkan jasa transportasi,hal itu karena adanya jasa transportasi online. Aplikasi Joker merupakan aplikasi transportasi onlinedi daerah Kabupaten Situbondoyang terbentuk pada tahun 2016.Menurut driver Joker, Pelanggan Joker hanya sedikit yang menggunakan aplikasi, selebihnya menggunakan via Whatsapp. Berdasarkan ulasan di playstore, aplikasi Joker masih memiliki beberapa kelemahan seperti aplikasi tidak tersambung dengan google maps, pemesananan harus diketik manual semua, dan sering terhenti. Dari beberapa kelemahan aplikasi Joker ini jadi, perlu adanya analisis untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap aplikasinya. Peneliti mengambil salah satu metode pengukuran kepuasan yang digunakan yaitu metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS dipilih dalam penelitian ini karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis kepuasan pengguna akhir aplikasi Joker. EUCS memiliki lima variabel yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness dari sistem dan 12 instrumen.Instrumen yang ada pada metode EUCS bersifat umum yang dapat digunakan disegala jenis aplikasi sehingga dinilai cocok untuk mengukur kepuasan pengguna akhir aplikasi Joker serta lebih mudah digunakan. Tahapan awal yang dilakukan adalah identifikasi masalah dan studi literatur untuk dapat memberi solusi permasalahan aplikasi. Kemudian menyusun model penelitian sehingga dapat menyusun hipotesis. Penelitian menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan metode yang digunakan. Sebelum melakukan penyebaran kuesioner, terlebih dahulu menentukan metode pengambilan sampel dan uji instrumen agar kuesioner yang dibagikan valid dan reliabel. Setelah penyebaran kuesioner, dilakukan pengumpulan data untuk menyeleksi data. Apabila data sudah terkumpul, maka dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua factor yang tergabung dalam instrumen EUCS menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna pada beberapa layanan jasa di aplikasi JOKER. Faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi JOKER di wilayah Kabupaten Situbondo pada jasa Ojek adalah content, ease of use, dan timeliness. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi JOKER di wilayah Kabupaten Situbondo adalah accuracy dan formaten_US
dc.description.sponsorshipAnang Andrianto,S.T.,M.T (Dosen Pembimbing) Gayatri Dwi Santika,S.SI.,M.Kom (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectKepuasan Pengguna Aplikasien_US
dc.subjectEnd-User Computing Satisfaction (EUCS)en_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Joker Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction Eucsen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record