Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Joker Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction Eucs
Abstract
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi 
Joker Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS); 
Ayulil Hidayati, 152410101011; 2020; 115 halaman; Fakultas Ilmu 
Komputer Universitas Jember.
Masyarakat sekarang dapat lebih mudah mendapatkan jasa transportasi,hal itu 
karena adanya jasa transportasi online. Aplikasi Joker merupakan aplikasi 
transportasi onlinedi daerah Kabupaten Situbondoyang terbentuk pada tahun 
2016.Menurut driver Joker, Pelanggan Joker hanya sedikit yang menggunakan 
aplikasi, selebihnya menggunakan via Whatsapp. Berdasarkan ulasan di playstore, 
aplikasi Joker masih memiliki beberapa kelemahan seperti aplikasi tidak 
tersambung dengan google maps, pemesananan harus diketik manual semua, dan 
sering terhenti. Dari beberapa kelemahan aplikasi Joker ini jadi, perlu adanya 
analisis untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna 
terhadap aplikasinya.
Peneliti mengambil salah satu metode pengukuran kepuasan yang 
digunakan yaitu metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode 
EUCS dipilih dalam penelitian ini karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu 
menganalisis kepuasan pengguna akhir aplikasi Joker. EUCS memiliki lima 
variabel yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness dari sistem 
dan 12 instrumen.Instrumen yang ada pada metode EUCS bersifat umum yang 
dapat digunakan disegala jenis aplikasi sehingga dinilai cocok untuk mengukur 
kepuasan pengguna akhir aplikasi Joker serta lebih mudah digunakan.
Tahapan awal yang dilakukan adalah identifikasi masalah dan studi 
literatur untuk dapat memberi solusi permasalahan aplikasi. Kemudian 
menyusun model penelitian sehingga dapat menyusun hipotesis. 
Penelitian menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan metode 
yang digunakan. Sebelum melakukan penyebaran kuesioner, terlebih dahulu menentukan metode pengambilan 
sampel dan uji instrumen agar kuesioner yang dibagikan valid dan 
reliabel. Setelah penyebaran kuesioner, dilakukan pengumpulan data 
untuk menyeleksi data. Apabila data sudah terkumpul, maka dilakukan 
analisis data untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua factor yang 
tergabung dalam instrumen EUCS menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan 
pengguna pada beberapa layanan jasa di aplikasi JOKER. Faktor yang 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi JOKER 
di wilayah Kabupaten Situbondo pada jasa Ojek adalah content, ease of use, dan 
timeliness. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan 
pengguna aplikasi JOKER di wilayah Kabupaten Situbondo adalah 
accuracy dan format
