Show simple item record

dc.contributor.authorPERWITA, Febri Diah
dc.contributor.authorSANDRA, Christyana
dc.contributor.authorHARTANTI, Ragil Ismi
dc.date.accessioned2022-04-13T01:15:33Z
dc.date.available2022-04-13T01:15:33Z
dc.date.issued2020-03-31
dc.identifier.govdocKODEPRODI2110101#Kesehatan Masyarakat
dc.identifier.govdocNIDN0016048204
dc.identifier.govdocNIDN0005108102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106351
dc.description.abstractPelayanan prima (service excellent) adalah pelayanan yang sangat baik atau yang terbaik kepada pasien berdasarkan standar mutu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien sehingga pasien dapat memperoleh kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSD Kalisat Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 75 responden, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik systematic random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai pelayanan prima di instalasi rawat inap cukup prima (73,3%). Masingmasing komponen pelayanan prima termasuk dalam kategori cukup, antara lain komponen sikap (74,7%), penampilan (85,3%), perhatian (69,3%), tindakan (69,3%), dan tanggung jawab (72%). Berdasarkan kepuasan pasien, mayoritas responden menilai tidak memuaskan (80%). Terdapat 3 dimensi termasuk dalam kategori tidak puas yaitu dimensi kehandalan, ketanggapan, dan bukti fisik. Sedangkan 2 dimensi lainnya yaitu, jaminan dan empati termasuk dalam kategori puas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pelayanan prima dan kepuasan pasien. Rumah sakit perlu menyediakan pelatihan mengenai pelayanan prima, serta melakukan 28 Jurnal Ikesma Volume 16 Nomor 1 Maret 2020 pengawasan internal secara rutin agar setiap pelayanan yang dilakukan tetap sesuai dengan prosedur dan standar profesinya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Ilmu Kesehatan Masyarakaten_US
dc.subjectpelayanan primaen_US
dc.subjectkepuasan pasienen_US
dc.subjectinstalasi rawat inapen_US
dc.titlePengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien dI Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record