Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien dI Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember
Date
2020-03-31Author
PERWITA, Febri Diah
SANDRA, Christyana
HARTANTI, Ragil Ismi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelayanan prima (service excellent) adalah pelayanan yang sangat baik atau yang terbaik kepada
pasien berdasarkan standar mutu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien sehingga
pasien dapat memperoleh kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
pelayanan prima terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSD Kalisat Kabupaten
Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan desain studi
cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 75 responden, dimana pengambilan sampel
menggunakan teknik systematic random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian
besar responden menilai pelayanan prima di instalasi rawat inap cukup prima (73,3%). Masingmasing komponen pelayanan prima termasuk dalam kategori cukup, antara lain komponen sikap
(74,7%), penampilan (85,3%), perhatian (69,3%), tindakan (69,3%), dan tanggung jawab (72%).
Berdasarkan kepuasan pasien, mayoritas responden menilai tidak memuaskan (80%). Terdapat 3
dimensi termasuk dalam kategori tidak puas yaitu dimensi kehandalan, ketanggapan, dan bukti
fisik. Sedangkan 2 dimensi lainnya yaitu, jaminan dan empati termasuk dalam kategori puas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pelayanan prima dan kepuasan
pasien. Rumah sakit perlu menyediakan pelatihan mengenai pelayanan prima, serta melakukan
28 Jurnal Ikesma Volume 16 Nomor 1 Maret 2020
pengawasan internal secara rutin agar setiap pelayanan yang dilakukan tetap sesuai dengan
prosedur dan standar profesinya.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]