Show simple item record

dc.contributor.authorMELINDA, Devie
dc.contributor.authorRATNANINGSIH, Anik
dc.date.accessioned2022-04-04T05:37:28Z
dc.date.available2022-04-04T05:37:28Z
dc.date.issued2017-10-30
dc.identifier.govdocKODEPRODI1910301#Teknik Sipil
dc.identifier.govdocNIDN0030057003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106109
dc.description.abstractGedung sekolah dasar negeri, merupakan salah satu asset negara sebagai sarana pendidikan yang harus dipelihara. Bangunan gedung ini rata-rata mengalami perbaikan terakhir pada tahun 1980 an. beberapa bagian dari struktur bangunan menunjukkan beberapa kerusakan pada elemen strukturnya, seperti kolom, balok dan sloof. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kerusakan dan keberfungsian struktur serta kelayakan bangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode HAZID. Tim penelitian ini dibentuk oleh Takola SD (Tata Kelola Sekolah Dasar). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kerusakan struktur pada bangunan sekolah yang terjadi selama proses pembangunan dan pengawasan adalah tidak mengikuti susunan beton yang tepat. Kerusakan yang banyak terjadi adalah timbulnya retakan yang digolongkan kedalam retakan yang membahayakan. Retakan yang terjadi mencapai 50%. Pengendalian dan respon risiko dengan melakukan strategi integrasi, komunikasi, rehabilitasi antarakepala sekolah dengan Dinas Pendidikan.en_US
dc.publisherKonferensi Nasional Teknik Sipil dan Infrastruktur – Ien_US
dc.subjectBangunan Gedung Sekolahen_US
dc.subjectHAZID,en_US
dc.subjectKerusakan struktur,en_US
dc.subjectPengendalian risikoen_US
dc.titleAnalisis Identifikasi Kerusakan Struktur Bangunan Gedung Sekolah Dasar DI Wilayah Kecamatan Ambulu-Jember Dengan Metode Haziden_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record