Analisis Identifikasi Kerusakan Struktur Bangunan Gedung Sekolah Dasar DI Wilayah Kecamatan Ambulu-Jember Dengan Metode Hazid
Abstract
Gedung sekolah dasar negeri, merupakan salah satu asset negara sebagai sarana pendidikan yang harus
dipelihara. Bangunan gedung ini rata-rata mengalami perbaikan terakhir pada tahun 1980 an. beberapa
bagian dari struktur bangunan menunjukkan beberapa kerusakan pada elemen strukturnya, seperti kolom,
balok dan sloof. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kerusakan dan keberfungsian
struktur serta kelayakan bangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
HAZID. Tim penelitian ini dibentuk oleh Takola SD (Tata Kelola Sekolah Dasar). Hasil analisis
menunjukkan bahwa tingkat kerusakan struktur pada bangunan sekolah yang terjadi selama proses
pembangunan dan pengawasan adalah tidak mengikuti susunan beton yang tepat. Kerusakan yang banyak
terjadi adalah timbulnya retakan yang digolongkan kedalam retakan yang membahayakan. Retakan yang
terjadi mencapai 50%. Pengendalian dan respon risiko dengan melakukan strategi integrasi, komunikasi,
rehabilitasi antarakepala sekolah dengan Dinas Pendidikan.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]