dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dalam bisnis konveksi clothing karikatur Bali terhadap
kepuasan dan loyalitas konsumen pada PT. Eka Jaya Makmur Bali. Jenis penelitian adalah explanatory research. Populasi
penelitian adalah seluruh wisatawan yang berkunjung dan membeli produk baju di outlet Eka Jaya Makmur Bali yang datang
bukan dari agent travel perjalanan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental
sampling dan didapatkan jumlah sampel 126 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM (Structural
Equation Modelling). Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dijual sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan konsumen, harga yang ditawarkan terjangkau oleh konsumen, lokasi tempat pembelian produk sudah
strategis, dan kegiatan promosi sudah sesuai dengan harapan konsumen. Bauran pemasaran yang meliputi produk, harga,
tempat, dan promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang
dijual, harga yang ditawarkan, tempat yang strategis, dan promosi yang sudah dilakukan tidak dapat menjadikan konsumen
loyal pada PT. Eka Jaya Makmur Bali. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini
menunjukkan bahwa konsumen yang loyal dapat dipastikan merasa puas dengan apa yang didapatkannya. | en_US |